Dor! 2 Pria Jepang Tembak Kedutaan Korea Utara di Tokyo

Kepolisian mengumumkan bahwa mereka telah menangkap dua orang pria yang diduga merupakan aktifis sayap kanan pada Jumat setelah melepaskan tembakan ke kedutaan Korea Utara secara de fakto di Tokyo.

Keduanya menembak gedung yang menjadi basis General Association of Korean Residents in Japan, Asosiasi Umum dari Penduduk Korea di Jepang, grup yang mendukung Korea Utara di Jepang, Tokyo, jelas kepolisian kota Tokyo.

Pria bernama Satoshi Katsurada dan Yoshinori Kawamura ini mengendarai kendaraan dan salah satunya melepaskan beberapa tembakan, ucap polisi. Pagar gedung itu rusak namun untungnya tidak ada korban jiwa maupun cedera.

Hingga kini motifnya belum diketahui, namun media Jepang mengabarkan bahwa keduanya menggelar protes yang mengkritik grup pro-korea yang dikenal juga sebagai Chongryon.

Polisi yang berpatroli di daerah sekitar langsung menangkap keduanya di tempat, dan menyita senjata dari keduanya.

Kedua pria tersebut ditangkap dan dijatuhi tuduhan merusak bangunan dan juga dapat dikenai hukum pelanggaran kendali senjata.

Jepang hingga kini belum memiliki hubungan diplomatis dengan Korea Utara. Diperkirakan di Jepang ada sekitar 10 ribu etnis Korea yang mendukung Korea Utara tinggal di Jepang dan mempunyai sanak keluarga di sana.

Sumber: JapanToday