Hotel Yang Menginspirasi Anime ‘Hanasaku Iroha’ Berhenti Beroperasi di Maret 2018

Penonton serial Hanasaku Iroha pasti sudah tidak asing lagi dengan Ohana Matsumae yang bekerja di penginapan milik neneknya.

Dalam cerita itu, penginapan yang dibangun semenjak era Taisho (tahun 1920-an) ini menghadapi persaingan bisnis dari beragam penginapan lainnya di lokasi yang sama. Salah satunya adalah Fukuya, yang lebih modern dan tempat dimana karakter Yuina Wakura bekerja.

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa Fukuya itu dibuat berdasarkan lokasi asli, penginapan Shidekaku yang berada di Yuwakuaraya, Kanazawa. Semenjak anime itu tayang pada tahun 2011, lokasi ini telah menjadi destinasi wisata bagi penggemar Hanasaku Iroha.

Shidekaku pertama kali buka pada tahun 719, sekitar 1.300 tahun yang lalu. Namun, sekalipun penginapan ini menyimpan banyak sejarah dan dengan adanya otaku yang mengunjungi tempat itu, penginapan ini mengumumkan bahwa mereka akan tutup mulai bulan depan.

Shidekaku akan berhenti beroperasi pada tanggal 17 Maret, hingga tanggal itu tiba mereka akan tetap menerima tamu yang ingin menginap dan reservasi dapat dilakukan lewat telefon.

Sumber: ANN