5 Bahan Alami Yang Digunakan Orang Jepang Untuk Mengobati dan Mencegah Flu

Hujan menjelang pergantian musim biasanya memang sumber penyakit, terutama penyakit flu. Apalagi kalau kondisi badan kamu sedan kurang fit dan tidak sanggup untuk mencegah flu, bisa-bisa kamu akan tergeletak tidak berdaya karenanya.

Tapi jangan terburu-buru untuk langsung mengobatinya dengan meminum obat-obatan, coba dulu mengobatinya dengan menkonsumsi bahan-bahan alami yang memang manjur untuk mengobati atau mencegah flu.

Bahan-bahan alami untuk mengobati dan mencegah flu, bisa jadi berbeda tapi juga bisa sama di berbagai negara di belahan dunia. Seperti di Jepang misalnya, 5 bahan alami inilah yang dikatakan manjur untuk mengobati dan mencegah flu.

1. Umeboshi

Selain bisa dijadikan lauk teman makan nasi, ternyata Umeboshi atau acar plum juga dikenal memiliki khasiat medis. Umeboshi mampu membantu melawan badan yang letih, pertolongan saat mabuk, dan membantu pencernaan.

Kalau kamu merasa kurang sehat, coba deh seduh satu atau dua butir umeboshi, dan hancurkan hingga menjadi potongan-potongan kecil. ‘Teh’ Umeboshi ini akan membantu tubuh untuk melawan flu dan juga membantu memusnahkan racun dari tubuhmu.

2. Madu dan Lobak

Biasanya ketika anak atau cucunya flu, seorang nenek Jepang akan membuatkan hachimitsu-daikon atau madu dan lobak Jepang sebagai obat-obatan alami untuk mengobati demam, batuk, bahkan tenggorokan sakit.

Daikon ternyata kaya akan vitamin C dan enzim spesial yang mampu menghilangkan lendir dalam tubuh.

Madu juga merupakan antibiotik alami yang efektif mengobati tenggorokan yang sakit. Sederhananya, hachimitsu-daikun adalah bahan alami untuk membuat obat sirup batuk dan radang tenggorokan.

3. Teh Jahe

Minuman tradisional yang sering dikonsumsi di Indonesia ini ternyata juga ada di Jepang. Minuman yang disebut Shoga-yu di Jepang ini memang jadi pilihan paling mudah dicari untuk mengobati flu di Jepang.

Teh yang terbuat dari Jahe memiliki kandungan vitamin C dan asam amino yang tinggi, selain itu banyak juga unsur penting lainnya.

Jahe juga mampu menghangatkan tubuh, makanya sangat cocok untuk mengobati flu atau demam.

4. Okayu

Okayu merupakan bubur Jepang yang terbuat dari nasi, air, dan sedikit bumbu. Biasanya disajikan di dalam mangkuk tanah liat, beserta sedikit tambahan kombu sebagai penambah rasa.

Makanan satu ini biasanya disajikan untuk orang yang terkenan demam atau flu, karena mudah dimakan dan dicerna serta kaya akan nutrisi.

5. Sake Hangat dan Telur

Kombinasi sake, madu, dan telur mentah ternyata sudah digunakan oleh masyarakat Jepang sejak dulu kala sebagai obat flu. Katanya setelah meminum ini dan tidur akan mampu menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Bagi yang tidak menkonsumsi alkohol atau anak-anak, biasanya orang tua akan memanaskan sahenya hingga titik tertentu hingga alkoholnya menguap, dan membiarkannya dingin sebelum menambahkan campuran madu dan telur dengan api kecil.

Sumber: SavvyTokyo