Rayakan Hinamatsuri, 30.000 Boneka Dipajang di Tokushima

Hinamatsuri akan digelar minggu depan, perayaan yang berlangsung pada tanggal 3 Maret setiap tahunnya ini biasanya ditandakan dengan keluarga Jepang memajang ornamen boneka spesial yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Tradisi ini kabarnya telah ada semenjak Periode Heian pada tahun 794, boneka hina-ningyo, yang merepresentasikan Kaisar, Permaisuri, dan para punggawa serta musisi di pakaian tradisional kekaisaran, digunakan untuk merayakan para gadis dan mengungkapkan harapan untuk kebahagiaan dan kesehatan mereka.

Meskipun biasanya hina-ningyo yang dipajang di rumah biasanya jumlahnya tidak banyak, dan tidak bisa dilihat oleh banyak orang, ada banyak festival di seluruh Jepang yang memajang boneka hina-ningyou yang dapat dilihat oleh khayalak ramai.

Salah satunya adalah di acara Big Hinamatsuri yang diadakan di kota Katsuura, Tokushima. Memasuki tahun ke-30nya, Big Hinamatsuri mengumpulkan boneka hina-ningyo bekas di seluruh kota untuk membuat pajangan boneka paling besar.

Tahun ini ada 30.000 boneka dipajang dan lebih dari 100 tingkatan dipajang di Big Hinamatsuri

Acara ini akan berlangsung hingga tanggal 8 April, selain dapat melihat pajangan ini, pengunjung Tokushima juga akan bisa menikmati acara lainnya seperti pertujukan Awa Odori, band musik, dan juga beragam musik tradisional serta pertujukan tarian.

Sumber: Grapee