Setelah 25 Tahun, Yuki Kajiura Tinggalkan Agensi Space Craft Produce

Musisi dan komposer Yuki Kajiura menkonfirmasi pada Rabu (21/2/2018) bahwa dirinya telah meninggalkan agensi Space Craft Produce.

Bersamaan dengan kepergiannya, dia juga mengumumkan penutupan fan club FictionJunction. Dia juga mengumumkan akan menggelar konser bertajuk “Yuki Kajiura Live vol#14” yang akan digelar di Maihama Amphitheater di Chiba pada 30 Juni, 1 Juli dan 15 Juli, serta di NHK Hall di Osaka pada 12 Juli.

Dalam tulisan selanjutnya, dia mengucapkan terima kasih kepada agensinya atas dukungan terhadap karirnya, dan menyatakan bahwa dirinya akan tetap berkarir sebagai musisi.

Dia juga mengucapkan banyak terima kasih kepada banyak penyanyi yang telah bekerja sama dengan dirinya selama ada di agensi itu.

Mengenai grup musik Kalafina, dia mengatakan bahwa akan ada perubahan status, dia tidak bisa mengatakan apakah Kalafina akan tetap sama seperti sebelumnya. Namun, dia mengatakan bahwa dirinya menghormati anggota grup dan ingin tetap mendukung mereka.

Kajiura mulai bermain musik semenjak usia dini, dan memulai karirnya di dunia musik profesional pada tahun 1992 sebagai pemain keyboard untuk band See-Saw. Band itu bubar pada tahun 1995.

Setelahnya dia memulai karir solonya dan menangani soundtrack untuk serial anime Kimagure Orang Road: Summer’s Beginning, Eat-Man, dan Noir.

Koichi Mashimo, sutradara Noir, kembali berkolaborasi dengan Kajiura ketika See-Saw terbentuk lagi pada tahun 2001, dan Kajiura berkolaborasi dengan Mashimo dalam proyek .hack.

Kajiura kemudian memulai proyek FictionJunction, proyek kolaborasi dengan beragam penyanyi, dan membidani kelahiran grup musik Kalafina untuk menyanyikan lagu tema untuk film anime Kara no Kyoukai The Garden of Sinners.

Karirnya di industri anisong terus berlanjug, dia menangani banyak musik dan lagu untuk anime lainnya seperti: Puella Magi Madoka Magica, Sword Art Online, Fate/Zero, Fate/stay night: Unlimited Blade Works, Fate/stay night: Heaven’s Feel, Tsubasa: RESERVoir CHRoNiCLE, Le Portrait de Petite Cossette, My-HiME, Princess Principal, dan banyak lagi.

Menurut Sponichi Annex, Kajiura akan bekerja sebagai freelancer. Terkait dengan Kalafina, sumber Sponnichi Annex mengatakan anggota grup itu tengah dalam diskusi yang sulit.

Sponnichi Annex menambahkan bahwa kepergian Kajiura sangat berdampak terhadap grup, karena Kajiura selalu memandu aktifitas Kalafina.

Sebelumnya pada bulan Desember, Sponnichi Annex mengatakan bahwa Kajiura meninggalkan agensi Space Craft Produce dikarenakan ketidaksepahaman dengan seorang manajer baru, dan bahwa Kajiura tengah membahas hak kekayaan intelektual atas musik-musiknya dengan agensi pada saat itu.

Laporan itu mengklaim bahwa Kajiura selama ini berada dibawah seorang manajer di Space Craft Produce untuk waktu yang lama, namun manager bersangkutan diganti oleh seorang manajer baru setelah konser Kalafina di Budokan pada September 2016.

Kajiura dikabarkan memiliki beda pendapat dengan manajer baru ini terkait arahan soal musik. Setelah manajer lamanya meninggalkan agensi pada Juni 2017, dan ketidakcocokannya terus berlanjut dengan manajer baru ini, Kajiura memutuskan untuk meninggalkan agensi.

Sumber: ANN