Ini Yang Bisa Kamu Lakukan di Miyagi, Fukushima, dan Iwate

Dalam rangka membantu upaya pemulihan pasca gempa besar yang menimpa wilayah Jepang Timur, pemerintah Jepang telah melaksanakan program bebas biaya visa Jepang bagi wisatawan yang hendak mengunjungi daerah Miyagi, Fukushima, dan Iwate.

Pembebasan biaya visa ini ditujukan untuk mereka yang mengajukan visa untuk tujuan berkunjung atau berlibur di daerah itu. Program yang telah dimulai dari tanggal 15 November 2011 ini masih akan terus berlangsung hingga tanggal 31 Maret 2021.

Syaratnya juga tidak terlalu merepotkan, kalian cukup melampirkan bukti kunjungan ke wilayah sasaran program tersebut.

Untuk kalian yang berminat untuk mendapatkan pembebasan biaya visa Jepang ini, namun masih bingung harus melakukan apa di daerah tersebut, VVibu punya solusinya:

Miyagi

Prefektur yang terletak menghadap laut pasifik ini terkenal lewat keindahan alamnya, salah satunya adalah Matsushima, yang dikenal sebagai salah satu tempat paling indah di Jepang. Zao yang kaya akan kekayaan alam, selain itu banyak taman nasional di daerah ini, seperti: Minami Sanriku Kinkasan dan juga Sanriku Fukko.

Bagi kamu yang ingin mencoba berendam di Onsen, miyagi juga terkenal memiliki banyak mata air panas. Mulai dari Akiu-onsen, Sakunami-onsen, hingga Naruko Onsen.

Kalau kamu lebih menyukai kastil-kastil Jepang, jangan ragu untuk mengunjungi kota Sendai, disini kamu bisa melihat Zuiho-den, makam dari Masamune Date yang membangun kota kastil ini, dan juga reruntuhan kuil Sendai.

Apabila kamu berkesempatan mengunjungi Miyagi di awal bulan Agustus, pastikan juga untuk menikmati nuansa festival Tanabata-matsuri yang dikunjungi dua juta orang setiap tahunnya.

Iwate

Iwate yang memiliki bentang pantai yang luas ini terkenal lewat kekayaan lautnya, karenanya gak mengherankan disini banyak restoran dimana kamu bisa menikmati sajian seafood segar seperti simping, tiram, dan uni. Surganya pecinta kuliner seafood deh.

Tidak hanya terkenal lewat pantainya, di sini kamu juga dapat menikmati keindahan alam di daerah Gunung Iwate dan juga pelataran Appi yang merupakan perpanjangan dari Hachimantai, disini kamu dapat menikmati beragam kegiatan mulai dari bermain ski hingga berendam di Onsen.

Bagi yang ingin menikmati nuansa Jepang kuno, jangan lupa kunjungi Hanamaki. Disini kamu dapat melihat tempat seperti kuil Chuson-ji.

Fukushima

Kamu gak akan kesulitan menemukan destinasi wisata di daerah yang terletak 200 kilometer dari Tokyo. Prefektur yang memiliki luas terbesar ketiga di Jepang ini terkenal berkat keindahannya, yang dapat dinikmati sepanjang tahun.

Di distrik Hama-dori yang terletak di sebelah timur Fukushima, kamu dapat menikmati udara yang nyaman. Kamu tidak akan kesulitan untuk mencapai daerah Fukushima, di distrik Naka-dori ada stasiun yang dapat dilintasi oleh Shinkansen dan terdapat juga airport Fukushima.

Penggemar budaya Jepang juga tidak akan kesulitan menemukan tradisi lokal Jepang dan juga semangat Samurai dengan mengunjungi daerah Aizu.

Fukushima juga terkenal karena memiliki lebih dari 130 onsen. Fukushima juga dapat dinikmati di segala musim, mulai dari sakura dan burung-burung liar yang bermigrasi di musim semi, kemping dan olahraga laut di musim panas. Menikmati daun-daun dan wisata kuliner di musim gugur, serta bermain salju di musim dingin.