Produser Ini Pertaruhkan Karirnya Untuk Wujudkan Anime ‘Pop Team Epic’

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, orang macam apa yang cukup jantan untuk masuk ke ruang meeting dan mengatakan kepada para petinggi perusahaan “Saya ingin membuat anime Pop Team Epic.”

Yap, salah satu anime paling sering dibicarakan tahun ini, Pop Team Epic, tidak akan pernah terwujud apabila orang itu, produser eksentrik bernama Kotaro Sudo ini, tidak berjuang mati-matian.

Hal itu dirasa tidak berlebihan, karena Sudo boleh dibilang mempertaruhkan karirnya guna mewujudkan anime ini.

Dalam sebuah meeting di King Records saat sedang membahas konten mana lagi yang akan dijadikan anime, Sudo menyarankan untuk membuat adaptasi anime dari serial Pop Team Epic.

“Aku membawa manga Pop Team Epic dan mencoba menjelaskannya, tapi ditolak.” ujar Suda sambil tertawa saat wawancara dengan majalah Animate.


Coba dibayangkan, kamu ke ruang meeting, ngomong sama atasan sambil menyodorkan manga dengan sampul seperti ini.

Sudo percaya, kekuatan Pop Team Epic berada pada karakternya, seperti serial populer lainnya macam Doraemon, Crayon Shin-chan atau Sazae-san. “Aku percaya merchandise untuk ini akan terjual seperti kacang goreng. Sangat cocok masuk ke pasaran sebagai IP King Records.”

Meskipun Sudo telah memberikan terbaik saat meeting, namun keraguan masih dirasakan oleh peserta meeting lainnya, hingga akhirnya anime ini belum mendapatkan lampu hijau.

“Aku tidak bisa membuat mereka mengatakan iya. Kepala departemenku yang bernama Mishima, kemudian bertanya kepadaku, “Kamu benar-benar mau memproduseri ini?” Aku mengatakan, “Ya, aku mau.” Dia mengatakan kepadaku “Seorang produser memiliki kesempatan sekali seumur hidup untuk memainkan wildcard. Apakah kamu tidak masalah menggunakannya untuk ini?”.” kenang Sudo

Tanpa berpikir panjang dia memutuskan untuk menggunakan kesempatan sekali seumur hidupnya itu. Mishima lantas mengatakan “Mari kita lihat bagaimana caramu menggunakannya,” dan akhirnya Pop Team Epic mendapatkan lampu hijau untuk diproduksi menjadi anime.

Berbeda dengan serial anime kebanyakan yang biasanya diproduksi oleh Komite Produksi guna mengurangi biaya yang ditanggung masing-masing pihak, anime Pop Team Epic didanai penuh oleh King Records. Sudo berpendapat akan sulit mengajak perusahaan lain untuk mencemplungkan dananya untuk produksi anime ini.

Perjuangan Sudo pada musim semi 2016 tidak sia-sia, dan kini akhirnya kita semua bisa menikmati sakit kepala akibat anime Pop Team Epic.