Gedung Pencakar Langit yang Terbuat dari Kayu Akan Hadir di Tokyo

Akan ada gedung pencakar langit baru di Tokyo, hanya saja yang satu ini berbeda dari biasanya.

Gedung pencakar langit ini nantinya sebagian besar akan menggunakan bahan baku kayu, 90% kayu dan 10% besi baja. Meskipun terbuat dari kayu, bangunan ini dijamin tahan gempa dan angin kencang berkat perencanaan strukturnya.

Bagian luarnya akan terlihat seperti gedung penckar langit, namun arsitek mencoba menghadirkan nuansa natural dan membuat tempat yang dimana pengunjung maupun tenant dapat menikmati cahaya matahari yang nyaman.

Sedangkan bagian interiornya akan dibuat sepenuhnya dari kayu untuk memberikan perasaan hangat dan damai.

Gedung pencakar langit yang diberi nama proyek W350 ini rencananya akan memiliki ketinggian 350 meter. Lebih tinggi dari menara Tokyo yang ‘hanya’ setinggi 333 meter. Nantinya, gedung ini akan mengalahkan ketinggian gedung pencakar langit tertinggi di Jepang, Abeno Haruka di Osaka dengan ketinggian 300 meter.

Namun, gedung ini masih kalah tinggi jika dibandingkan dengan menara tertinggi di Tokyo, Tokyo Skytree yang tingginya mencapai 634 meter.

Lokasi gedung ini akan berada di distrik Marunouchi dan akan memiliki total 70 lantai di atas tanah. Di dalamnya akan hadir beragam toko, dan juga tersedia area hotel, kantor, dan juga apartemen.

Proyek ini diprakarsai oleh Sumitomo Forestry, perusahaan yang bergerak di bidang bahan material dan perhutanan. Perusahaan ini ingin meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan dengan menara baru itu. Mereka berharap semakin banyak perusahaan yang akan mengikuti ide mereka untuk membuat bangunan yang terbuat dari kayu.

Sumitomo Forestry berharap proyek ini dapat rampung pada tahun 2041, bersamaan dengan perayaan ulang tahun ke-350 perusahaan ini.

Sumber: Grapee