Liburan ke Tokyo dengan Bujet 7 Juta, Ini Rinciannya

Liburan ke Tokyo bisa jadi impian banyak orang. Tapi bayangan akan tingginya biaya yang dibutuhkan untuk mengunjungi ibukota Jepang ini membuat gak sedikit travelers yang mengurungkan niatnya.

Tapi tunggu dulu. Masih ada banyak cara hemat untuk bisa liburan ke Tokyo, bahkan bujetnya bisa dibawah 7 Juta!

Gak percaya? Coba cek rinciannya berikut ini:

1. Tiket Pesawat

Tiket Pesawat boleh jadi salah satu komponen biaya terbesar dari perjalanmu. Biar lebih hemat kamu bisa menggunakan Low Cost Carrier, udah ada kok maskapai LCC yang terbang langsung ke Tokyo, Jepang. Harga tiketnya juga lumayan terjangkau, mulai dari Rp 3,9 Juta.

Hanya saja hal yang perlu dipertimbangkan adalah, harga tiket LCC biasanya belum menambahkan komponen bagasi terdaftar dan juga makan. Kalau kamu gak keberatan membawa semua baju dan barang bawaan di tas kabin dan makan sebelum naik pesawat, langsung saja pesan tiket LCC.

Kalau kamu lebih memilih naik pesawat Full Service Airlines, harga tiketnya memang lebih mahal. Namun, kalau kamu pintar-pintar memilih tanggal, kamu bisa mendapatkan harga menarik, mulai dari Rp 4,8 Juta, sudah termasuk bagasi dan makanan selama penerbangan.

Tipsnya, pilihlah tanggal-tanggal yang sepi wisawan. Misalnya di penghujung musim dingin di akhir bulan Januari hingga Februari.

2. Penginapan

Untuk mendapatkan harga terbaik, carilah penginapan yang terletak di daerah ‘pinggiran’. Hindari daerah yang banyak dikunjungi turis seperti Shinjuku, Shibuya, apalagi Ginza. Alternatifnya, carilah daerah yang lebih sepi, seperti Ueno atau Chiyoda.

Di daerah ini kamu dapat menemukan hostel dengan harga yang bersaing, mulai dari Rp 250 ribu rupiah per malam. Dengan demikian kamu cuma bisa mengeluarkan uang sebesar Rp 1 Juta untuk menginap selama 5 hari, 4 malam.

3. Visa

Mulai 15 September 2017, proses pengajuan maupun pengambilan visa Jepang dilakukan di Japan Visa Application Center (JVAC) yang terletak di Lotte Shoppiing Avenue lantai 4. Biaya visa single-entry untuk kunjungan wisata dengan biaya sendiri adalah sebesar Rp 525.000.

Untungnya, kalau kamu sudah punya E-Paspor, kamu dapat melakukan pendaftaran Bebas Visa langsung di kedutaan Jepang.

4. Transportasi

Jika pesawat kamu mendarat di bandara Narita, kamu dapat menggunakan kereta Keisei Skyliner untuk mencapai pusat kota. Harga tiketnya mulai dari 2.800 Yen atau sekitar Rp 350.000, tiket ini sudah termasuk tiket Tokyo Subway selama 24 jam sehingga kamu dapat langsung mengelilingi Tokyo.

Kalau mau lebih irit lagi kamu bisa menggunakan kereta Keisei Narita Limited Express dengan harga tiket mulai dari 1.200 Yen atau sekitar Rp 150.000, bolak-balik cuma Rp 300.000.

Namun, jika pesawat kamu mendarat di bandara Haneda, kamu dapat membeli tiket kereta Keikyu Haneda. Harga tiketnya mulai dari 1.200 Yen atau sekitar Rp 150.000, tiket ini juga sudah termasuk tiket Tokyo Subway selama 24 jam.

Untuk memudahkan dan menghemat perjalanmu saat mengelilingi Tokyo, kamu bisa membeli Tokyo Subway 72 Hours. Tiket ini memungkinkan kamu untuk berkeliling Tokyo dengan menggunakan jalur Tokyo Metro dan Toei Subway dengan harga 1.500 Yen atau sekitar Rp 190.000

5. Makan

Cari makan di Tokyo gak terlalu merepotkan, mulai dari makanan super mahal hingga murah ada di sini. Kalau kamu ingin menghemat uang, kamu bisa mengunjungi gerai makanan cepat saji Jepang seperti Yoshinoya, Matsuya, atau Sukiya.

Kalau kamu ingin merasakan makanan teishoku, yang harganya terjangkau juga ada, seperti Ootoya atau Machikadoya. Untuk penggemar sushi, kamu dapat menemukan gerai sushi murah dengan harga mulai dari 150 yen per piring.

Mau yang lebih irit lagi? Kamu dapat mengunjungi mini market yang tersebar di seluruh Tokyo, makanannya enak-enak dan harganya juga murah.

Untuk makanan, amannya kamu menganggarkan setidaknya Rp 300.000 setiap harinya. Atau sekitar Rp 1,5 juta untuk 5 hari. Jangan pelit-pelit amat, banyak makanan enak loh di Tokyo.

Dari rincian di atas, maka total biaya yang kamu butuhkan untuk liburan ke Tokyo bisa dibawah 7 Juta. Dengan rincian sebagai berikut:

  • Tiket: Rp3,900,000
  • Visa: Bebas Visa
  • Penginapan: Rp 1.000.000
  • Transportasi: Rp 500.000
  • Biaya Makan: Rp 1.500.000

Total biaya yang kamu butuhkan setidaknya adalah Rp 6,9 Juta. Kalau kamu bisa menyisihkan uang setidaknya Rp 1.000.000 per bulan, akhir tahun ini kayaknya kamu sudah bisa deh liburan ke Tokyo.

Sumber: Lantai8