Netflix Akan Lanjutkan Proses Produksi Live-action ‘Sword Art Online

2 Tahun yang lalu, Sword Art Online diumumkan akan mendapatkan adaptasi live-action yang digarap oleh Skydance Television. Setelah lama tidak ada kabar sama sekali mengenai kelanjutannya, sang produser yaitu Laeta Kalogridis mengumumkan bahwa proyek live-action Sword Art Online akan dialnjutkan oleh Netflix.

Sebelumnya, Skydance Television berencana untuk memproduksi serial TV live-action Sword Art Online bersama David Ellison, Dana Goldberg dan Marcy Ross dari Skydance. Kalogridis, yang juga menangani draft untuk live-action Alita: Battle Angel dan film Ghost in the Shell, menyebutkan bahwa dirinya telah “bertahun-tahun… terinspirasi oleh penceritaan seri Sword Art Online yang cakap dan merupakan sebuah terobosan baru.”

Netflix sendiri memang tengah gencar melakukan ekspansi ke dunia anime, mereka mulai bekerjsama dengan studio-studio ternama Jepang untuk membuat anime dan membiayai cukup banyak serial drama live-action.

Meskipun sempat dikritik akibat adanya white washing seperti yang terjadi di Death Note, dikatakan bahwa Netflix tetap harus mematuhi perjanjian kalau 2 karakter utamanya harus diperankan oleh orang Asia.

Sword Art Online awalnya adalah sebuah light novel yang dikarang oleh Reki Kawahara, serial ini telah mendapatkan adaptasi dua serial TV Anime, dan akan segera menayangkan film pertamanya. Selain itu serial ini juga sudah mendapatkan adaptasi manga, game hingga pengalaman virtual reality di Jepang.

Sumber: Comic Book