Peneliti Jepang Ciptakan Obat Kebotakan dari Bahan Kimia Untuk Menggoreng Kentang McDonald

Peniliti Jepang mengungkapkan bahwa obat kebotakan mungkin bisa dibuat menggunakan bahan kimia yang juga digunakan untuk memasak kentang goreng McDonald.

Peneliti di Yokohama National University menemukan bahwa bahan kimia dimethylpolysiloxane, yang ditambahkan ke minyak untuk menggoreng kentang goreng di gerai restoran cepat saji itu, dapat memproduksi folikel rambut yang dapat digunakan untuk menumbuhkan folikel rambut.

Ujicoba tersebut dilakukan kepada tikus dan dikatakan bahwa metode ini memungkinkan untuk digunakan sebagai pengobatakn kebotakan bagi manusia.

Dalam hasil penelitian yang dipublikasikan lewat jurnal Biomaterial, peniliti mengatakan mereka dapat menumbuhkan 5.000 folikel rambut secara serentak. Folikel tersebut kemudian ditransplantasikan ke punggung tikus dan terbukti rambut dapat tumbuh di area tersebut.

Menurut Junji Fukuda, seorang profesor dari universitas itu yang ikut membantu melakukan penelitian, penggunaan bahan kimia itu sangatlah penting dalam kesuksesan produksi folikel rambut.

Tim Fukuda berharap metode ini dapat digunakan juga untuk mengobati kebotakan yang dialami manusia.

“Metode simpel ini sangatlah ampuh dan menjanjikan,” ujar Fukuda. “Kami berharap teknik ini akan membantu terapi pertumbuhan rambut bagi manusia untuk mengobati kebotakan seperti androgenic alopecia.”

Sumber: Lantai8