Naik Becak di Jepang, Siap-siap Bayar Ratusan Ribu Hingga Jutaan Rupiah

Meskipun terkenal sebagai negara maju, ternyata becak masih ada di Jepang. Hanya saja untuk kamu yang berminat menaiki becak di negeri sakura ini, bersiaplah merogoh kocek mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Becak di Jepang mulai hadir pada abad ke-19, pada era pemerintahan Meiji. Saat itu Becak menjadi salah satu moda transportasi utama, karena tenaga manusia saat itu masih terhitung murah. Meskipun di beberapa negara saat ini Becak sudah mulai dilarang karena dianggap tidak berperikemanusiaan, tidak demikian dengan Jepang.

Di Jepang, meskipun sudah bukan menjadi moda transportasi, becak hadir sebagai atraksi wisata. Wisatawan akan dapat dengan mudah menemukan becak di Kyoto, Nara, dan Kamakura.

Sedangkan jika kalian berada di Tokyo, Becak hanya dapat ditemui di Asakusa, satu-satunya wilayah di kota itu dimana becak boleh beroperasi.

Begitu kalian keluar dari stasiun kereta bawah tanah Asakusa dan tiba di jalan yang mengarah ke gerbang Kaminarimon dan pintu masuk kuil Asakusa Sensoji, kalian akan langsung dapat melihat para penarik becak. Mereka menggunakan pakaian tradisional layaknya penarik Becak pada jaman dulu kala.

Kebanyakan penarik Becak di Tokyo juga sangat terdidik, beberapa di antara mereka bahkan dapat berbicara dalam bahasa inggris. Bahkan, ada juga mahasiswa yang menjadi penarik becak untuk memperlancar bahasa inggris mereka sembari menjaga kebugaran badan.

Kalian tidak perlu khawatir harus jago negosiasi harga, karena perusahaan penyedia becak sudah menetapkan harga pasti, bahkan mereka menerima pembayaran menggunakan kartu kredit.

Harga naik becak di Tokyo tidaklah murah, harga terumah untuk perjalanan selama 10 menit butuh setidaknya 3.000 yen untuk dua orang, jika naik sendiri, 2.000 yen. Sekitar 260.000 rupiah sampai 360.000 rupiah.

Tur selama 30 menit biasanya membutuhkan biaya 5.000 yen (650.000 rupiah) untuk satu orang dan 8.000 yen (1.040.000 rupiah) untuk dua orang. Tur selama 1 jam lebih mahal lagi, harga satu orang sekitar 9.000 yen (1.117.000 rupiah) dan 15.000 yen (1.950.000 rupiah) untuk dua orang.

Dalam tur ini nantinya wisatawan akan diajak mengelilingi kuil Senso-ji, taman bermain Hanayashiki, kuil Tanuki, dan kalian juga akan dapat melihat Sky Tree di seberang sungai Sumida.

Sumber: HuffPost