Mangaka “Hunter x Hunter” Ternyata Sosok Bos Yang Baik

Bekerja di industri manga bukanlah perkara mudah, jam kerja yang tidak menentu, waktu istirahat yang kurang, bahkan ada kasus upah lembur yang tidak dibayar. Namun, di tengah segala isu miring mengenai industri ini, tampaknya ada seorang mangaka yang sangat peduli dengan asistennya.

Mangaka Hunter x Hunter, Yoshihiro Togashi, tampaknya merupakan calon kuat kandidat mangaka paling perhatian terhadap ‘pegawainya’ di industri manga. Meskipun sering didera hiatus mendadak, ternyata mangaka satu ini sangat mementingkan kesejahteraan asistennya.

Menurut Buzz News, mantan asisten Togashi mengatakan, Togashi memberikan asistennya bonus dua kali setahun kepada asistenya. Setiap bonus besarnya dua kali gaji mereka tiap bulannya, jadi seorang asisten dapat menerima gaji sebanyak enam belas kali setiap tahunnya.

Togashi mengatakan bahwa alasan di balik bonus tersebut adalah perusahaan Jepang pada umumnya juga membayar bonus karyawannya, dan dia bahagia apabila uang ‘kecil’ yang ia berikan dapat membantu.

Sayangnya, dengan rutinnya hiatus Togashi bisa jadi asistennya jarang dipanggil untuk membantunya.

Sumber: Kotaku