Mau Dapat Makanan Gratis di Tokyo? Kunjungi Restoran Ini

Tokyo punya beragam pilihan restoran, baik untuk kamu yang sekaya sultan hingga yang berdompet pas-pasan, namun baru-baru ini ada restoran yang menawarkan kemudahan untuk kamu yang benar-benar sedang kehabisan uang, tapi lapar.

Restoran bernama Mirai Shokudo ini menawarkan makanan gratis bagi seluruh pengunjungnya, selama kamu mau bekerja. Restoran ini menawarkan menu harian spesialnya secara cuma-cuma bagi siapapun yang mau bekerja selama 50 menit di sini.

Sekai Kobayashi, pemilik restoran ini, mengizinkan pelanggan untuk menikmati makanan gratis yang biasanya ditawarkan dengan harga 900 yen. Sistem ini dibuat berdasarkan konsep makanai, yang merujuk kepada makanan gratis bagi pegawai.

Pelanggan dapat memilih untuk membantu menyajikan makanan pada jam makan siang atau membantu membersihkan restoran setelah jam operasional berakhir.

Dalam wawancaranya dengan Yomiuri Shimbun, Kobayashi, yang juga satu-satunya pegawai restoran ini mengatakan “Aku menggunakan sistem ini karena ingin membantu orang-orang kelaparan yang tidak mampu makan di restoran karena tidak punya uang.”

Tidak hanya itu, dia juga mempunyai cara unik untuk mengelola restorannya, “Untuk mengelola restoran, aku mengadopsi model open-source, sistem yang biasanya digunakan oleh perusahaan piranti lunak yang tersedia gratis untuk publik sehingga siapapun dapat mengembangkannya…” ujarnya.

“Aku mengunggah rencana bisnis serta finansial perusahaanku di website sehingga aku dapat memperoleh masukan dari siapapun tentang bagaimana membuat perkembangan. Informasi ini juga tersedia bagi siapapun yang mau membuka restoran sendiri,” lanjutnya.

Kobayashi seakan ingin membuktikan bahwa nasihat dari tempat bekerjanya sebelum ini mengenai jangan terlalu dekat dengan konsumen adalah salah. Idenya untuk berbagi ambisi dan makanan sejauh ini terbukti sukses, dengan lebih dari 500 orang sudah mencicipi makanan gratis.