5 Film Jepang Yang Pernah Meraih Penghargaan Golden Globe

Acara tahunan Golden Globe 2018 baru saja usai digelar. Para aktor dan pembuat film top Hollywood berkumpul di Los Angeles, mereka yang mendapatkan penghargaan sudah berhasil membawa pulang piala berbentuk bola dunia berkelir emas.

Dari sekian banyak film yang dikompetisikan tahun ini memang tidak ada satupun film Jepang di dalamnya. Namun mencatut situs Golden Globe, sejauh ini sudah ada 15 film Jepang yang berhasil masuk daftar nominasi.

Dari 15 film tersebut, 5 film berhasil meraih penghargaan Golden Globe, berikut adalah daftarnya:

1. Twenty-Four Eyes

Diadaptasi dari novel karya Sakae Tsuboi, film produksi tahun 1954 ini menjadi film Jepang pertama yang berhasil mendapat penghargaan Golden Globe untuk kategori Best Motion Picture Foreign Language pada tahun 1955.

Twenty-Four Eyes menceritakan tentang guru sekolah bernama Hisako Oishi di Shodoshima pada masa jatuh dan bangunnya gerakan ultra nasionalisme Jepang pada awal periode Showa.

2. Eyes of Children

Film yang disutradarai oleh Yoshiro Kawazu dan dirilis pada tahun 1956 ini meraih penghargaan Golden Globe di tahun yang sama.

3. The Rose on His Arm

Pemenang Golden Globe untuk kategori Best Motion Picture Foreign Language pada tahun 1957 ini menceritakan tentang sosok pemuda yang menghiraukan permohonan ibunya untuk tidak menjalani hidup yang penuh kekerasan.

4. Kiiroi Karasu (Yellow Crow)

Kiiroi Karasu yang berhasil meraih piala Golden Globe untuk kategori Best Motion Picture Foreign Language ini menceritakan tentang seorang anak yang tidak bisa akrab dengan ayahnya. Namun seiring berjalannya waktu, keduanya semakin dekat satu sama lain.

5. Letters From Iwo Jima

Film yang diangkat dari karya Tadamichi Kuribayashi dan Tsuyuko Yoshido ini disutradarai oleh Clint Eastwood. Film yang menghadirkan Ken Watanabe ini menceritakan tentang pertarungan Iwo Jima antara Amerika Serikat dan Jepang pada era Perang Dunia II. Letters From Iwo Jima berhasil meraih piala Golden Globe untuk kategori Best Motion Picture Foreign Language.