Ini Pesan Dari Eiichiro Oda Untuk Pemuda Kumamoto Yang Merayakan Hari Kedewasaan

Setiap tahunnya pada awal bulan Januari di Jepang ada sebuah hari libur yang bernama Seijin no hi atau hari kedewasaan. Hari ini ditujukan untuk merayakan generasi muda yang telah beranjak dewasa.

Upacara Seijin Shiki digelar di seluruh Jepang oleh pemerintah lokal di kota-kota dan desa-desa untuk meresmikan penduduk yang telah atau yang akan segera berusia 20 tahun, usia dewasa menurut hukum untuk boleh merokok, minum miras, dan memiliki hak untuk ikut pemilu.

Seijin Shiki tentunya juga digelar di Kumamoto, namun kali ini ada yang sedikit berbeda. Mangaka One Piece, Eiichiro Oda, yang lahir di Kumamoto ikut memberikan pesan spesial bagi para pemuda yang akhirnya beranjak dewasa.

Bagi Oda tahun ini adalah tahun spesial, dia mulai membuat One Piece pada tahun 1997, karenanya anak-anak yang lahir di tahun yang sama kini sudah beranjak dewasa. Berikut adalah pesan lengkap dari Oda yang ditujukan bagi para pemuda Kumamoto yang beranjak dewasa:

Selamat telah menjadi orang dewasa!! Apa yang kamu rasakan sekarang? Mungkin kamu ingin minum miras, merokok atau menjadi bajak laut. Ya, pembajakan adalah kriminal sih. Aku menulis pesan ini karena 2 alasan; Pertama untuk memberi semangat kepada para pemuda Kumamoto, tanah kelahiranku yang ditimpa gempa bumi besar pada tahun 2016. Alasan lainnya adalah karena anak-anak yang lahir di tahun yang sama dengan aku memulai ONE PIECE akhirnya menjadi dewasa tahun ini.

5 Tahun dari sekarang bisa jadi 5 tahun paling penting bagimu karena sekaranglah waktunya untuk menentukan jalan hidupmu. Kamu telah hidup selama 20 tahun, kan? Jika kamu hidup sampai usia 80 tahun, bagaimana caramu menghabiskan sisa 60 tahun hidupmu? Sekaranglah waktunya menghadapi pertanyaan ini dengan hati dan jiwamu.

Orang lain akan bilang bahwa kini kamu bisa minum miras dan merokok. Dengan kata lain, kamu bebas melakukan apapun yang kamu mau, tapi kamu juga harus bertanggung jawab untuk segala tindakanmu. Kata-kataku mungkin terdengar menakutkan, tapi sebagai seseorang yang terlahir di Kumamoto seperti kalian, Aku percaya kepada potensimu untuk mulai mendayung ke lautan tidak terjamah yang bernama masyarakat. Pastikan kamu lebih mementingkan masa depanmu ketimbang apapun juga. Meskipun sekarang kamu egois, orang tuamu akan lebih bahagia jika suatu saat di masa depan kamu bisa mengatakan, “Aku mengarungi lautan ini dengan usahaku sendiri!”

Pesanku jadi lebih panjang dari yang aku bayangkan. Aku senang jika kamu belajar sesuatu dari kata-kataku. Selamat menjadi orang dewasa! Aku akan selalu disampingmu!!

Januari 2018, Eiichiro Oda

Ini bukan pertama kalinya Oda ikut membantu tanah kelahirannya, pada tahun 2016 lalu One Piece juga mengadakan kolaborasi dengan prefektur ini untuk menggalang dana bantuan korban gempa bumi Kumamoto.

Sumber: sandman_AP