6 Hal Yang Harus Dihindari di 3 Hari Pertama Tahun Baru Menurut Orang Jepang

Beberapa hari pertama di awal tahun baru menandakan sebuah perubahan, dimana kita memikirkan apa yang sudah kita perbuat dan apakah tahun ini berat badan kita akhirnya bisa turun.

Di Jepang, pada 3 hari pertama biasanya orang-orang akan mengunjungi kuil untuk berdoa memohon keberuntungan dan kesuksesan di tahun baru, di lain belanja barang murah dan memakan mochi.

Nah, ternyata selama 3 hari pertama ada 6 hal yang harus dihindari oleh orang-orang Jepang agar bisa beruntung sepanjang tahun, yaitu:

1. Jangan Bersih-bersih Rumah

Menurut kepercayaan Jepang, di antara tiga hari pertama, dewa tahun baru Toshigami-sama akan mengunjungi rumah keluarga orang Jepang, dan jika kamu bersih-bersih, dia akan tersapu. Selain itu, jika kamu mencuci pakaian, memberishkan toilet, dan kamar mandi banyak orang Jepang percaya ini seperti membuang keberuntungan ke selokan.

2. Jangan Menggunakan Pisau

Menurut orang Jepang, jika kamu menggunakan pisau di tiga hari pertama, kamu juga bisa memotong peruntunganmu sepanjang tahun. Karenanya, kebanyakan orang Jepang akan memasak makanan tahun baru pada tanggal 31 Desember.

3. Jangan Memasak Menggunakan Api dan Merebus Makanan

Tiga hari pertama di tahun baru adalah waktu untuk istirahat, termasuk bagi dewa-dewi di Jepang. Jadi orang Jepang akan menghindari memasak menggunakan api, karena mereka percaya bahwa dewa kompor, Ojin-sama, bisa marah.

Selain itu, merebus makanan akan menghasilkan ‘kotoran’ di permukaan air. ‘Kotoran’ ini merupakan simbul hal buruk di kehidupan, jadi dengan merebus makanan, hal-hal buruk akan datang ke permukaan.

4. Jangan Memakan Hewan Berkaki Empat

Untuk yang satu ini tidak ada tradisi tertentu, namun dipercaya dipengaruhi oleh agama Buddha, yang memang melarang membunuh makhluk hidup dan tidak memakan daging.

5. Jangan Bertengkar

Bersenang-senang bersama teman dan keluar di hari-hari pertama tahun baru tentu saja dapat mempererat hubungan selama setahun kedepan. Namun bertengkar bisa jadi menghancurkan hubungan sepanjang tahun.

6. Jangan Menghambur-hamburkan Uang

Meskipun banyak diskon di awal tahun, orang Jepang harus berusaha menghemat di awal tahun, karena kalau tidak bisa jadi mereka tidak akan dapat berhemat sepanjang tahun.