Rekam Korban Bunuh Diri di Jepang, Youtuber Ini Dikritik Pedas Oleh Netizen

Awal tahun ini netizen dihebohkan dengan aksi seorang Youtuber yang merekam dan mengunggah video yang memperlihatkan seseorang yang sudah meninggal dalam kondisi gantung diri di ‘hutan bunuh diri’ yang berada di Jepang.

Youtuber bernama Logan Paul ini mengunggah video klip berdurasi 15 menit pada hari minggu yang memperlihatkan dirinya dan beberapa temannya berjalan menyusuri hutan aokigahara. Hutan yang terletak di dekat gunung Fuji ini terkenal sebagai ‘hutan bunuh diri’ lantaran banyaknya jumlah orang yang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya disana.

“Apa kita baru saja menemukan mayat di hutan bunuh diri?” Logan bertanya kepada seorang pria yang tampaknya menjadi guide mereka untuk melewati hutan dalam video yang mengejutkan itu.

Sosok badan pria yang berada dalam kondisi gantung diri itu dapat dilihat jelas dalamv video yang diunggah Logan.

“Yo, kamu masih hidup? Kamu bercanda kan?” Logan terdengar berteriak kepada pria yang sudah tidak bergerak lagi. “Ada banyak hal yang melintas di benakku. Ini pertama kalinya,” ujar Logan, sebelum meminta seseorang memanggil polisi.

Logan melanjutkan mengambil gambar lebih dekat, dan melihat bahwa tangan pria tersebut berubah warna menjadi ungu dan mengira bahwa pria tersebut bunuh diri di hari yang sama. Logan kemudian melanjutkan mengatakan bahwa “Bunuh diri bukanlah kelakar. Depresi dan penyakit mental bukanlah lelucon.”

Namun menjelang akhir video, salah seorang teman Logan terdengar mengatakan, “Aku merasa gak enak”. Logan kemudian membalas “Apa kamu gak pernah berdiri disamping orang mati?” Dia kemudian tertawa sebelum mengatakan bahwa vlog ini harusnya berisi lelucon.

Tidak lama setelah video tersebut diunggah netizen melontarkan banyak kritik pedas, sangat banyak sampai Logan memutuskan untuk menghapus video itu dari kanal Youtubenya.

Kritik datang dari sesama Youtuber bahkan bintang film Hollywood. Jenny Nicholson menuliskan “Aku pikir Logan Paul terlalu bodoh untuk memahami empati.” Seorang Youtuber, Corinna Kopf yang kehilangan saudaranya karena kasus bunuh diri mengatakan bahwa dirinya “Jijik dengan situasi ini.”

Bintang Breaking Bad, Aaaron Paul mengatakan bahwa Logan “sampah sejati” dan dia pantas “membusuk di neraka.” Artis Sophie Turner yang membintangi Game of Thrones juga menyebut Logan seorang “Idiot” yang tidak pantas tenar.

Youtuber yang berasal dari Los Angeles ini kemudian mengunggah permohonan maafnya, mengatakan bahwa dirinya “minta maaf” dan tidak pernah “menghadapi kritik seperti ini sebelumnya, karena belum pernah membuat kesalahan seperti ini.”

Logan menuliskan bahwa dia mengunggah video itu bukan dengan tujuan untuk mendapatkan penonton, namun karena ingin membuat gelombang positif di internet dan meningkatkan kesadaran betapa pentingnya pencegahan bunuh diri.

Sumber: Dailymail