Tokyo Otaku Mode Tengah Mempertimbangkan Untuk Merilis Kriptokurensi ‘Otaku Coin’

Tokyo Otaku Mode (TOM) mengumumkan pada hari rabu bahwa mereka tengah mempertimbangkan untuk menawarkan kriptokurensi bertajuk Otaku Coin, yang didesain untuk digunakan di industri anime, manga dan game di Jepang. Komite persiapan Otaku Coin saat ini tengah menjalin kolaborasi dan masukan dari “anggota industri, para ahli, dan spesialis.”

Meskipun TOM berencana membuat kriptokurensi untuk mendukung industri manga dan anime, perusahaan ini memulai bisnisnya di bidang industri anime. Layanan utama yang akan TOM tawarkan adalah membuat platform dimana penggemar dapat mengumpulkan Otaku Coins lewat “kegiatan penggemar,” seperti menonton trailer dan episode pertama dan menulis review.

Otaku Coin yang diperoleh dari kegiatan itu nantinya akan dapat digunakan untuk membeli pernak-pernik anime, tiket acara atau didonasikan untuk mendukung studio anime, produser, dan anime.

TOM berharap penawaran kriptokurensi ini akan menjadi cara baru dimana penggemar dapat mendukung secara finansial para kreator, dan nantinya para produser akan dapat menilai anime mana yang populer lewat platform ini. Co-founder dan CEO dari TOM, Naomitsu Kodaka menyatakan bahwa dukungan terhadap produksi anime adalah alasan utama di balik proyek ini, bersamaan dengan membuat “kurensi universal untuk industri Otaku.”

Berdasarkan siaran pers untuk proyek ini, ada kemungkinan mereka akan menghadirkan desain Otaku Coin yang dibuat oleh mangaka dan komposer terkenal akan membuat suara transaksi. TOM juga merencanakan game augmented reality dimana pemain dapat “loncat untuk meraih Otaku Coins yang melayang di udara.”

TOM menekankan bahwa, layaknya kriptokurensi lainnya seperti BitCoin, tidak akan ada badan pusat yang mengoperasikan platform ini, dan akan dikelola oleh komunitas open source. TOM hanya akan mendesain dan mengembangkan platform ini.

Guna mewujudkan rencana ini, TOM membuka kanal Telegram dalam bahasa Inggris dan Jepang guna mengundang ahli yang ingin berkerjasama. Ahli yang sudah tergabung sejauh ini adalah direktur Genco, Inc. Taro Maki dan jurnalis anime Tadashi Sudo. Perusahaan Jepang AnyPay Inc., yang menawarkan layanan konsultasi untuk penawaran kriptokurensi, mendukung rencana ini sebagai rekanan.

Perusahaan ini berencana untuk meluncurkan sesi informasi dan proposal awal pada musim semi 2018, dengan penawaran kriptokurensi akan dimulai pada musim semi atau panas 2018. Namun, hingga saat ini TOM belum memastikan apakah mereka akan benar-benar meluncurkan Otaku Coin.

Sumber: ANN