Manga Ini Perlihatkan Sosok Bos Ideal Zaman Now Menurut Netizen Jepang

Jepang tidak punya kalimat yang pas untuk menerjemahkan “kaum milenial menghancurkan (apapun yang lebih baik di zaman dulu),” namun kalimat yang paling mendekati adalah “Imadoki no wakai mono wa…” yang bisa diterjemahkan menjadi “Anak muda zaman sekarang…”

Kalimat itu biasanya diucapkan oleh pria paruh baya dan orang tua di Jepang sambil mengeluh, sebelum mulai mengeluarkan ceramah tentang tingkah laku anak zaman now.

Tidak jarang kalimat itu diucapkan oleh atasan yang berpikir bawahannya tidak menunjukkan level dedikasi yang pantas. Karenanya tidak heran banyak pegawai muda yang merasa tidak senang dengan atasannya yang dirasa tua dan terlalu menggurui.

Sebenarnya, sosok bos zaman now seperti apa yang ideal sih bagi para anak muda di Jepang? Mungkin manga singkat karya Kohei Yoshitani (mangaka Akita Komachi ni Hitomebore dan Naname ni Nanami-chan) ini bisa memberikan gambaran.


Mugita: “Duh, capeknya. Lembur ini membunuhku. Aku cuma ingin pulang sekarang juga.”


Mugita: “Tapi pak bos masih disini, aku gak ingin kelihatan buruk dengan pulang duluan sebelumnya.”
Suara: “Hey.”
Mugita: “Uhhh… Aku ingin berhenti bekerja disini…”
Suara: “Hey, Mugita, kamu bisa dengar aku?”


Pria: “Benar-benar deh, anak muda zaman sekarang…”
Mugita: “Kepala bagian Ishizawa!!?”
Ishizawa: “Kamu pasti bercanda…”
Mugita (berpikir): “Duh ini dia!!! Pria paruh baya ngeluh soal ‘Anak muda zaman now.’ ‘Ketika aku masih muda, kita bekerja bersama…’ Orang brengsek yang merasa penting memaksakan pendapatnya. Aku menyerah!!!”
Mugita: “…Apa?”


Ishizawa: “Anak muda zaman sekarang… kamu bekerja terlalu keras.”


Ishizawa: “Ketika aku seusiamu, gak ada kalimat untuk ‘karoshi’ (bahasa jepang untuk mati karena kebanyakan bekerja). Aku akan lanjutkan sisanya, kamu pulang duluan sana.”
Mugita: “Ke…Kepala bagian!!!!”


Ishizawa: “Pasti susah untukmu pulang ketika aku masih bekerja, begitu kan? Maaf, harusnya aku sadar lebih cepat.”
Mugita: “Kepala bagian!!!!”

Hingga artikel ini ditulis, manga ini sudah diretweet lebih dari 100.000 kali, kebanyakan netizen berkomentar “Aku ingin punya bos kaya gini.” Ada juga komentar dari setidaknya satu orang yang menyatakan “Aku ingin jadi manajer seperti ini,” bisa jadi manga Yoshitani akan menyebabkan lahirnya seseorang seperti Ishizawa.