Alasan Natal di Jepang Identik dengan KFC

Tahukah kamu kalau setiap tahunnya ribuan orang di Jepang mengantri di depan gerai Kentucky Fried Chicken (KFC) untuk memesan makan malam natal?

Saking mendarah dagingnya ‘tradisi’ ini bahkan seorang pengguna Twitter mencuitkan “Kalau kita ngomong soal natal di Jepang, sudah pasti KFC!” Memang sih gak semua orang makan di KFC saat natal di Jepang (karena gak semua orang juga merayakan natal), namun gerai makanan cepat saji ini seakan tidak terpisahkan dari hari itu.

KFC pertama kali dibuka di Jepang pada tahun 1970-an, namun apa sih hubungan antara mereka dengan natal di Jepang?

Banyak yang mencoba menerka-nerka, ada yang menebak bahwa salah satu penyebabnya adalah karena penduduk asing di Jepang yang merayakan natal tidak dapat menemukan kalkun, jadi mereka pergi ke KFC.

Namun, kalau menurut penjelasan resmi dari KFC, tidak lama setelah mereka hadir di Jepang ada sebuah TK Kristen di Jepang yang ingin memesan makanan untuk pesta natal anak-anak. Sekolah itu dilaporkan meminta manajer toko KFC untuk berdandan layaknya Santa Klaus untuk pesta itu. Dia setuju, dan muncul di pesta dalam kosum Santa.

Menurut KFC, seiring berjalannya waktu, semakin banyak sekolah yang memesan KFC untuk pesta, dan di 1974, untuk pertama kalinya KFC membuat menu spesial Natal. Bertahun-tahun kemudian, kebiasaan ini menjadikan natal di Jepang menjadi identik dengan KFC.

Sumber: Kotaku