17 Fakta Mengenai Death Stranding Yang Baru Saja Diungkapkan Oleh Kojima

Hingga penayangan trailer ke-3nya, game terbaru Hideo Kojima, Death Stranding, masih penuh misteri. Bahkan parahnya lagi Mads Mikkelsen, aktor yang terlibat dalam proyek itu mengakui dirinya sulit memahami ceritanya.

Dalam gelaran PlayStation Experience 2017, IGN mewawancarai Kojima seputar Death Stranding, dan dia mengungkapkan banyak detil mengenai game itu. Dari sekian banyak hal yang diungkap olehnya inilah 17 poin yang kami rasa paling penting.

1. Kehidupan dan Kematian Adalah Salah Satu Tema game ini.

Trailer ke-3 Death Stranding

Kojima menjelaskan bahwa kehidupan dan kematian adalah salah satu tema dalam game ini. Dia ingin orang menyadari bahwa saat pemain mati dalam game, itu bukanlah akhir.

2. Death Stranding Akan Menghadirkan Layar ‘Continue’ yang Unik

Semenjak era arcade, Kojima merasa layar ‘Continue’ tidak banyak berubah. Pemain hanya disodorkan pilihan untuk melanjutkan permainan, ke sesaat sebelum mereka mati.

Dalam trailer terbarunya, Sam yang diperankan Norman Reedus melihat ledakan yang menyelimuti raksasa, setelahnya dia terbangun di dunia dalam air. Kojima menjelaskan setiap kali pemain mati di dalam game mereka akan dibawa ke tempat itu.

3. Layar ‘Continue’ Open World (?)

Nantinya, pemain akan dapat dengan bebas menjelajahi layar ‘Continue’ ini. Berkat keahlian yang dimiliki Sam, kalian akan dapat menjelajahi, mengumpulkan beragam benda dan hal lainnya.

“Pada saat itu kalian tidak mati ataupun hidup. Hal ini setara dengan layar bertuliskan ‘Continue?’ dengan hitungan mundur,” jelas Kojima.

4. Pemain Akan Kembali ke Dunia game Setelah Kematian Mereka

Death Stranding ‘mengakui’ kekalahan kalian. Begitu kalian siap kembali dari layar ‘Continue’ nantinya kalian akan dibawa ke dunia setelah kematian karakter pemain, dan tindakan yang pernah kalian lakukan sebelum mati akan tetap ada.

“Seperti yang kalian lihat di trailer, ada kawah, dan ketika kamu kembali, itu akan tetap ada. Kebanyakan game mengembalikan kamu ke saat sebelum kawah terbentuk. Jadi tergantung pemainnya, kalian mungkin akan melihat banyak kawah di mana-mana, tergantung dari masing-masing pemain.”

“Kematian tidak akan membawa kalian keluar game,” tegas Kojima.

5. Ada Hujan Misterius yang Bisa Memanipulasi Waktu

Dalam trailer terbarunya, kalian mungkin melihat adanya hujan misterius yang memiliki kemampuan untuk memanipulasi waktu.

Hujan ini dapat membuat tanaman tumbuh dan layu begitu terkena tetesannya, dan mampu membuat badan manusia bertambah tua dan terurai dalam hitungan detik. Hujan tersebut dijuluki “Timefall,” dan merupakan bagian penting cerita Death Stranding.

Kojima menolak menjelaskan lebih lanjut mengenai Timefall lantaran takut akan membocorkan banyak hal.

6. Bayi Dalam Trailer Memiliki Peranan Penting

Trailer pertama yang tayang di E3 2016

Dalam trailer Death Stranding yang tayang pada E3 2016, kalian dapat melihat Norman Reedus bangun di pantai yang dipenuhi kematian, dan menggendong bayi. Bayi ini juga menjadi fokus di trailer yang menghadirkan Mads Mikkelsen dan juga trailer terbaru.

Kojima menkonfirmasi bahwa bayi dalam ketiga trailer tersebut merupakan bayi yang sama. “Bayi itu berkaitan dengan mekanik game dan juga cerita secara keseluruhan,” jelas Kojima.

7. Fungsi Misterius dari Lengan Robot Dalam Death Stranding

Selain bayi, lengan robot yang ada dalam trailer terbaru tampaknya sukses menarik perhatian banyak orang. Sayangnya Kojima masih enggan membocorkan nama dan fungsi dari lengan robot itu.

8. Kojima Tahu dan Menyukai Teori Penggemar Seputar Death Stranding

Setiap kali info terbaru mengenai Death Stranding beredar, tiap detiknya langsung dibedah oleh penggemar yang haus akan setiap detilnya. Kojima tahu mengenai hal itu, dan menyukai apa yang mereka lakukan.

“Kupikir itu menyenangkan, sangat menyenangkan. Salah satu hal unik soal game, adalah kalian dapat bersenang-senang bersama sebelum gamenya dirilis. Ada hal yang sengaja kutampilkan agar aku bisa berinteraksi dengan pemain, karena kupikir itu menyenangkan semua orang,” ujar Kojima.

9. Setiap 5 Detik di Trailer Memiliki Makna

Karakter yang diperankan Mads Mikelsen hadir di trailer ke-2 game ini.

Kojima menjelaskan bahwa kalian akan dapat menemukan potongan petunjuk dan informasi setiap 5 detik. Dan Kojima merasakan adanya koneksi dengan pemain karena hal itu.

10. Dugaan Kalian Soal Banyak Hal di game Ini Mungkin Sudah Benar

Ketika ditanya mengenai beberapa teori dan dugaan, termasuk mengenai apakah tulisan “Porter” pada seragam Sam adalah nama belakang atau pekerjaan. Kojima mengetakan, “ada sebagian yang benar, ada juga yang tidak sepenuhnya benar.”

11. Trailer Terbaru Terjadi Setelah Awal game

Dia menjelaskan bahwa dalam trailer terbarunya, yang berjalan di Decima engine, terjadi sesaat setelah awal game.

12. Tahun 2017 Yang Penuh Gejolak

Kojima tidak terlepas dari tahun 2017 yang penuh gejolak. Salah satu masalah paling pelik yang dialami olehnya dan timnya adalah aksi mogok SAG-AFTRA pada tahun 2017. Hal itu menyebabkan proses rekaman motion capture dan suara jadi terlambat.

Dia menjalaskan bahwa dirinya merasa kesulitan karena Norman dan Mads terus mengirim pesan ke dirinya dan bertanya apa yang sedang kami lakukan. “Ada aksi mogok, saya tidak bisa melakukan apa-apa soal itu!” kata Kojima.

Untungnya aksi mogok sudah berakhir dan mereka dapat melanjutkan proses rekaman motion capture semenjak minggu lalu.

13. Kojima Tidak Sedang Menghambur-hamburkan Uang

Jujur saya salah satu yang tidak berharap banyak dari game ini, bahkan saya gak heran kalau eksekutif Sony sedang geleng-geleng kepala menghitung budget game ini. Kojima tampaknya tahu hal ini pasti ada di pikiran orang-orang.

“Saya membaca banyak hal di internet yang mengatakan saya menghabiskan tahun lalu dengan keliling dunia dan bersenang-senang,” ujar Kojima. Namun dia mengatakan bahwa hal itu jauh dari kenyataan, dia tidak sedang menghambur-hamburkan uang.

“Kami menunggu waktu yang tepat untuk memperlihatkan gameplay-nya, tapi saat ini proses pengerjaan proyek ini berjalan lancar sesuai jadwal,” tambahnya.

14. Kojima Menghabiskan Waktu Untuk Mengulik engine Yang Digunakan

Lantaran keluar dari Konami, Kojima tentunya tidak memiliki akses ke Fox engine, engine yang digunakan untuk membuat MGSV. Mereka memutuskan untuk menggunakan Decima engine, engine yang dikembangkan oleh Guerrilla games.

“Sepanjang tahun ini, kami bekerja menggunakan Decima. Ada hal yang tidak kami ketahui, kami bertanya kepada mereka (Guerrila games), meminta beberapa hal. Dan akhirnya, tentu saja, kami menggunakan Decima engine sangat berbeda dengan cara mereka menggunakannya, khususnya saat cutscene,” jelas Kojima.

Karena hal itu, banyak penambahan yang harus mereka buat untuk engine ini, dan mengakibatkan mereka harus banyak berinteraksi dengan Guerilla games terkait konten yang mereka tambahkan.

15. Kojima Meminta Penggemar Untuk Bersabar

Ada penggemar yang kesal karena harus menunggu lama untuk mendapatkan informasi baru seputar Death Stranding. Kojima menjelaskan banyak hal yang terjadi selama ini, dan dia sedih ketika mendengar orang berkomentar “Ah, kamu cuma bersenang-senang dan bercanda sembari menghabiskan uang.”

Kojima merasa bahwa mereka mengerjakan Death Stranding dengan cukup cepat, sekalipun seseorang sudah punya engine, alat dan tim untuk mengerjakannya, pengerjaan game AAA bisa memakan waktu 3 hingga 5 tahun. “Beberapa game, bahkan butuh waktu hingga 10 tahun,” jelasnya.

16. Tahun Depan Akan Lebih Baik

Menjelang tahun 2018, Kojima terlihat yakin atas perkembangan Death Stranding. Aksi mogok selesai, mekanik dan detil mulai terlihat, dan dari setiap hal baru yang ditampilkan, penggemar pasti bakal semakin senang.

17. Semuanya Akan Masuk Akal

Kojima merupakan salah satu kreator paling unik, seorang artis yang hasil karyanya patut diacungi jempol. Jadi kalau kalian masih bingung setelah melihat 3 trailer Death Stranding, Kojima yakin kalian akan paham saat memainkannya nanti.

“Semuanya akan masuk akal. Semuanya akan menjadi jelas.”