Ini Nih 15 Anggapan yang Salah Soal Orang Jepang

Anggapan soal suatu ras, negara atau budaya memang hal yang lumrah. Jepang merupakan salah satu negara yang paling punya banyak anggapan soalnya. Sayangnya cukup banyak anggapan yang salah mengenai negara ini.

Nah, berikut adalah anggapan soal orang Jepang yang paling umum, tapi ternyata anggapan tersebut lebih banyak salahnya, bahkan dibenci oleh orang Jepang.

1. Orang Jepang Makan Sushi Setiap Hari

Sushi merupakan salah satu makanan paling dikenal di Jepang, tapi tentunya bukan makanan pokok yang musti dimakan setiap hari, bahkan ada beberapa orang Jepang yang gak suka ikan mentah. Ya, semacam sesuka-sukanya saya sama kikil dan cincang, saya gak bakal makan itu setiap hari.

2. Orang Jepang Gampang Mabok

Gak juga, banyak orang Jepang, bahkan yang tua sekalipun, tahan minum bergelas-gelas bir tanpa mabok.

3. Semua Wanita Jepang Suka Berpenampilan “Kawaii”

Simpan khayalan kamu soal satu ini di dunia delusi, karena gak semua cewek Jepang suka berpenampilan kawaii apalagi ngomong dengan suara frekuensi tinggi.

4. Semua Wanita Jepang Itu Penurut dan Patuh

Meskipun kesetaraa gender di Jepang masih dirasa kurang, namun makin banyak wanita muda di Jepang yang semakin pede untuk menonjolkan diri dan individualistis dalam beberapa tahun belakangan, dan tren ini terus tumbuh.

5. Orang Jepang Luar Biasa Sopan

Di permukaannya, memang terlihat seperti itu; orang-orang sunyi senyap di kereta, gak buang sampah sembarangan dan rajin membungkuk. Namun, dalam konteks kasual dan informal mereka belum tentu selalu menjunjung tinggi kesopanan.

6. Semua Orang Jepang Suka Manga, Anime, dan Cosplay


Meskipun negaranya diasosiasikan dengan hal-hal itu, namun tidak setiap warga negara Jepang menyukainya.

7. Orang Jepang Masih Dendam Kepada Amerika Karena Perang Dunia 2

Faktanya, kebanyakan orang Jepang, khususnya yang masih muda, malah penasaran dan mengapresiasi budaya barat.

8. Jepang Adalah Negara Paling Aneh di Muka Bumi

Memang sih banyak hal aneh yang cuma ada di Jepang. Namun percayalah berita-berita yang kami tulis itu cuma sedikit dan bahkan dipandang aneh oleh sesama orang Jepang.

9. Semua Siswa Jepang Rajin dan Pekerja Keras

Sama seperti di seluruh penjuru dunia, yang rajin: ada, yang pemalas: juga ada.

10. Jepang Sangat Maju di Bidang Teknologi

Dulu iya, namun saat ini Jepang bahkan mulai ketinggalan oleh China dan Korea. Diplomat dan pegawai ekspat di Jepang kadang masih kaget bahwa negara ini masih menggunakan mesin faks di kantor.

11. Paus, Lumba-lumba, dan Daging Kuda Adalah Makanan Umum

Makanan ini memang ada di Jepang, tapi bukan makanan umum; kamu cuma bisa menemukannya di restoran khusus dan pastinya bukan di setiap rumah warga Jepang.

12. Orang Jepang Tidak Pandai di Bidang Olahraga kecuali Sumo


Baseball sangatlah populer di Jepang, juga tenis, sepakbola, renang, bola basket, dan lain-lain. Cuma karena karate dan sumo berasal dari Jepang bukan berarti mereka cuma ahli di dua bidang itu.

13. Gak ada Bir atau Alkohor Enak di Jepang, selain Sake

Delapan puluh tahun lalu memang begitu, namun saat ini Jepang merupakan pusat beer, whisky dan wine. Bahkan Yamazaki single malt whisky merupakan peringkat 1 di dunia saat ini.

14. Orang Jepang Menyembunyikan Perasaan Sesungguhnya Setiap Saat

Coba deh berteman sama orang Jepang, dijamin kamu tahu hal ini gak bener.

15. Orang Jepang gak Tertarik Untuk Pacaran atau Memiliki Hubungan Romantis

Belakangan ini memang beredar artikel bahwa populasi Jepang terancam menurun dan pemuda Jepang tidak tertarik untuk menikah. Namun, sedikitnya jumlah bayi yang lahir bukan berarti orang Jepang berhenti melakukan hubungan seksual, sepertinya mereka cuma gak minat punya anak.

Sumber: TheCultureTrip