Perusahaan Jepang Tawarkan Layanan Drone Untuk Awasi Karyawan Yang Lembur Berlebihan

Lembur berlebihan yang sampai-sampai menimbulkan korban jiwa masih menjadi salah satu masalah besar yang harus dihadapi perusahaan-perusahaan di Jepang.

Beberapa perusahaan tampaknya mulai menangani masalah ini dengan serius, bahkan sampai mengatakan, “Kamu tahu, jika ada banyak karyawan kita masih di meja setelah jam kerja berakhir, mungkin mereka bekerja berlebihan.”

Hal inilah yang menjadi alasan NTT, raksasa telekomunikasi asal Jepang, untuk membuat sebuah layanan drone yang akan terbang di kantor sebuah perusahaan guna mengawasi apakah masih ada karyawan yang bekerja bahkan setelah kantor tutup.

NTT bekerja sama dengan Blue Innovatione dan Taisei untuk merilis layanan drone yang diberi nama T-Frend ini.

Ketika menggunakan T-Frend, pengguna akan dapat mengendalikan rute dan waktu terbang sebuah drone. Saat tengah terbang, Drone akan merekam apa yang mereka lihat dan mengunggahnya ke penyimpanan data milik pengguna.

T-Frend direncakanan akan menggelar uji cobanya pada musim semi, dan dirilis secara resmi pada bulan Oktober. Layanan ini diklaim akan dapat menekan jumlah karyawan yang lembur berlebihan, guna meningkatkan kesehatan karyawan dan meningkatkan keamanan informasi dengan mengurangi jumlah orang di kantor pada malam hari.

NTT mengatakan layanan ini merupakan jawaban dari dilema dimana perusahaan ingin karyawan mereka mengurangi jam lembur, namun untuk mengawasi karyawan dan menerapkan strategi pengurangan lembur membuat mereka harus menambah beban kerja karyawan dengan tanggung jawab tersebut.

Sumber: SoraNews24