Era ‘Imouto’ Berakhir, Kini Karakter ‘Onee-san’ Jadi Trend di RPG Jepang

Beberapa netizen Jepang tampaknya menemukan bahwa RPG Jepang akhir-akhir ini semakin banyak menghadirkan karakter kakak perempuan (onee-san), ketimbang karakter adik perempuan (imouto).

Di Jepang sendiri, game yang menghadirkan karakter onee-san biasanya disebut “toshiue gee” yang secara literal berarti “game yang lebih dewasa,” atau “toshiue no onee-san gee“.

Para onee-san ini tidak musti memiliki hubungan darah dengan karakter utama, namun biasanya mereka menjadi kakak perempuan angkat.

Karakter onee-san juga tidak harus berbeda usia jauh dengan karakter utama; bisa saja mereka cuma lebih tua satu atau dua tahun. Namun biasanya mereka lebih menarik, punya sifat lebih dewasa, dan bisa saja punya hubungan romantis dengan karakter utama.

Seperti dilansir dari 2ch, inilah beberapa toshiue gee yang dirilis baru-baru ini.

Tales of Berseria

Final Fantasy XV

Nier: Automata

Xenoblade Chronicles 2

Dragon Quest XI

Memang bukan berarti karakter imouto hilang sekali dalam RPG Jepang, namun kebanyakan RPG populer di Jepang saat ini menghadirkan karakter tipe onee-san.

Beberapa netizen di 2ch berpendapat, dengan banyaknya regulasi dan larangan bagi karakter yang kelewat muda, mungkin pertanda bahwa era keemasan imouto akan segera berakhir. Ada juga yang berpendapat, “Kurasa ini karena usia gamer yang bertambah tua.”

Sumber: Kotaku