5 Fakta Unik Tentang Geisha

Geisha merupakan wanita yang berprofesi sebagai seniman penghibur tradisional Jepang. Saat ini jumlahnya memang sudah tidak sebanyak dulu, namun mereka masih ada.

Tidak semua wanita bisa menjadi Geisha, lantaran berbagai keunikan yang hanya ada di profesi ini.

1. Menjadi Geisha Tidaklah Mudah

Pelatihan menjadi geisha dimulai semenjak usia dini, bahkan saat seorang gadis baru menginjak usia 6 tahun. Disini mereka akan mempelajari cara menari tradisional, memainkan shamisen, dan koto.

2. Hanya Sedikit Geisha Yang Ada di Jepang Saat Ini

Tidak seperti dulu, saat ini di daerah Asakusa hanya tersisa sekitar 130 orang Geisha, padahal tempat itu merupakan salah satu distrik utama tempat Geisha berkumpul.

3. Geisha Tidaklah Murah

Makan malam sambil dihibur oleh Geisha tidaklah murah. Bersiaplah untuk membayar jutaan rupiah. Saking mahalnya 2-3 Geisha dapat dibayar hinga puluhan juta rupiah dalam semalam.

4. Tidak Semua Orang Bisa Menikmati Malam Bersama Geisha

Jangan berpikir untuk menghabiskan malam bersama Geisha jika kamu tidak bisa bahasa Jepang dan mengerti kanji dengan baik, apalagi kalau kamu tidak tertarik untuk mendengarkan shamisen.

5. Geisha Memang Tidak Menjajakan Badannya, Tapi…

Menjadi Geisha tidaklah mudah dan murah, karenanya tidak mengherankan apabila ada Geisha yang menjadi semacam ‘simpanan’. Terlepas dari profesinya, tidak jarang seorang Geisha mendapatkan hadiah mahal ataupun diberikan hunian mewah agar mau menjadi ‘simpanan’.