Perusahaan Jepang Ini Mewajibkan Seluruh Karyawan Barunya Untuk Mendaki Gunung Fuji

Bicara soal orientasi karyawan baru, sepertinya gak ada yang bisa mengalahkan yang dilakukan oleh Dentsu, perusahaan agensi pemasaran yang memiliki kantor pusat di Jepang.

Setiap Juli semenjak 1925, Dentsu mengirim seluruh karyawan baru dan eksekutif yang baru dipromosikan untuk mendaki gunung Fuji yang memiliki ketinggian 12,388 kaki.

Dari sore hingga malam hari, para karyawan mendaki gunung itu untuk melihat matahari terbit pada pukul 4:30 pagi. Tradisi ini wajib diikuti bagi yang mampu: mulai dari eksekutif ekspatriat hingga karyawan yang baru saja lulus dari universitas di Jepang.

Tim Andree yang berasal dari Amerika, melakukan pendakiannya pada tahun 2007. Direktur Eksekutif Dentsu Aegis Network ini mengenang bagaimana dia menghabiskan malam di gubuk peristirahatan bersama 100 pegawai baru dan beberapa pegawai senior.

“Semacam berdesak-desakan, dan disana ada empat eksekutif yang berdempet-dempetan di karpet tatami,” ujar Andree kepada AdAge.

Sesampainya di puncak, para pendaki dari Dentsu akan mengirimkan kartu pos kepada klien dari kantor pos yang berada di puncak gunung Fuji. Selain itu tradisi lainnya adalah, berdoa sesampainya di puncak.

“Aku berdoa di depan kuil Shinto untuk kesuksesan klienku dan Dentsu,” kenang Andree.

Christopher Demetrakos, yang telah bekerja di Dentsu Jepang selama 13 tahun dan kini memiliki agensi sendiri, menjelaskan ide dibalik pendakian tersebut, “Pesannya adalah: ‘Kami akan menguasai salah satu simbol yang paling merepresentasikan Jepang. Dan, setelah kami melakukannya, itu menandakan kami dapat melakukan apapun.”