Bagi Cosplayer, Waspadai Modus Kejahatan Ini

Mengambil foto cosplayer di tengah acara besar bukan perkara mudah karena keterbatasan tempat dan ribuan orang yang memadati acara.

Karenanya gak heran jika seorang cosplayer akan diberondong permintaan untuk sesi foto solo, hanya bersama dengan seorang fotografer, di tempat berbeda. Namun, seorang pengguna twitter dengan akun @EinTrumpf mengingatkan bahwa sesi solo ini bisa dimanfaatkan oleh fotografer yang punya niat jahat.


@eintrumpf

EinTrumpf merupakan fotografer profesional yang berasal dari Jepang, dia memberikan saran bagi cosplayer wanita yang memutuskan untuk melakukan sesi foto hanya berdua bersama dengan seorang fotografer.

“Jika kamu diajak minum-minum setelah sesi foto, selalu awasi minumanmu; Aku pernah mendengar cerita tentang seseorang yang dicekoki obat di hari pertama mereka bertemu dengan seseorang. Begitu fotomu diambil tanpa izin, pemerasan akan semakin mudah dan akan hidup seperti di ‘neraka’.”

Minum-minum biasanya jadi kesempatan untuk berkenalan lebih dekat, tapi gak semua fotografer punya niat baik, seorang yang bersifat busuk bisa saja mencampurkan sesuatu ke minuman cosplayer wanita.

“Jika kamu merasa tidak enak badan, jangan pergi ke toilet, langsung ke Unit Gawat Darurat dan pastikan dirimu diperiksa saat masih dibawah pengaruh obat. Analisa darah dan air seni dapat digunakan sebagai barang bukti untuk menindak kejahatan. Lakukan antisipasi seperti ini untuk menghindari penderitaan seumur hidup,” lanjutnya.

EinTrumpf juga menyarankan cosplayer untuk mengawasi tangan fotografer, bisa saja mereka membawa jarum yang berisikan obat penenang.

Meski saran dari EinTrumpf terdengar kelewat paranoid, tapi gak ada salahnya bagi cosplayer untuk berhati-hati saat hanya berduaan dengan fotografer yang tidak begitu dikenal dekat.