Tokyo Memang Masih Macet, Tapi…

Banyak yang memimpikan jalanan di Jakarta bisa selancar di Tokyo, yang katanya gak ada kemacetan sama sekali. Namun benarkah demikian adanya? Apakah orang-orang Tokyo benar-benar tidak pernah mengalami yang namanya kemacetan saat sedang mengemudi?

Tokyo sempat mengalami masa-masa macet parah, tulis pengguna reddit dengan akun tokyohoon. Saat dirinya masih menggunakan mobil untuk menuju kantor, biasanya dia menghabiskan lebih dari dua jam di jalanan setiap malam.

Salah satu penyebab utamanya adalah kendaraan yang parkir sembarangan, saat itu peraturan yang ada menyatakan bahwa pemilik kendaraan baru akan ditilang jika mereka memarkir kendaraannya di tempat yang sama selama 60 menit.

Pemerintah memutuskan untuk merubah peraturan ini dan menyerahkan pengelolaan parkir ke pihak swasta. Hal ini sukses mengurangi pemilik kendaraan yang parkir sembarangan dan hasilnya jalanan menjadi lebih lancar.


Parkir seharian CUMA 500.000 rupiah, kamu mau?

Pengguna lainnya dengan akun Titibu mengiyakan pendapat tersebut, dia menuliskan bahwa saat ini lalu lintas di Tokyo terhitung lancar, kemacetan biasanya terjadi jika ada kecelakaan atau perbaikan jalan, dan saat libur panjang.

Hal ini disebabkan oleh jaringan kereta dan subway yang sudah mumpuni, bahkan banyak perusahaan besar yang melarang karyawannya untuk menggunakan mobil dan mensubsidi biaya tiket kereta.

Tidak sedikit juga perusahaan yang menyediakan tempat parkir untuk karyawannya, hasilnya, sangat sedikit orang yang menggunakan mobil.

Hal serupa juga diungkapkan oleh omae_mona, kemacetan memang masih ada di Tokyo, namun tidak sedemikian parahnya jika dibandingkan kota besar lainnya.

Namun tidak demikian dengan daerah di pinggiran kota. Masih banyak orang menggunakan kendaraan dan karena kondisi jalanan serta rambu-rambu lalu lintas yang kurang baik, dia masih sering terjebak macet saat sedang berada di daerah pinggiran Tokyo.