Program ‘Forest Bathing’ Milik Pemerintah Jepang Terbukti Bermanfaat Bagi Tubuh

Pemerintah Jepang meluncurkan program kesehatan ‘Shinrin-yoku’ atau ‘Forest Bathing’ secara nasional pada tahun 1982. Program yang artinya menghabiskan lebih banyak waktu di sekitar pepohonan ini ternyata terbukti efektif meningkatkan kesehatan penduduk Jepang.

Dari 2004 hingga 2012, pemerintah Jepang menghabiskan biaya 4 juta Dolar Amerika Serikat untuk meneliti efek yang diperoleh dari program ini.

Berdasarkan penelitian tersebut, program ini ternyata terbukti efektif secara fisik maupun psikologis. Bukan cuma dapat menghirup udara segar, ternyata, dekat dengan pepohonan dapat meningkatkan imunitas seseorang, berkat minyak yang dihasilkan oleh sebuah pohon.

Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa hutan dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi hormon penyebab stres. Hal ini diklaim dapat mengurangi depresi dan juga meningkatkan energi seseorang.

“Hutan dapat menurunkan konsentrasi kortisol, menenangkan detak jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan aktifitas syaraf, dibandingkan lingkungan perkotaan.”

Sumber: weforum