Gubernur Tokyo Tetap Ingin Comiket 2020 Digelar di Tokyo

Dalam konferensi pers yang digelar pada hari Jumat, Gubernur Tokyo, Yuriko Koike menyatakan bahwa saat ini pemerinahan Tokyo tengah berdiskusi dengan semua pihak yang terlibat untuk memformulasikan rencana agar Tokyo Big Sight tetap dapat digunakan untuk menggelar acara pameran – termasuk Comiket – di tahun 2020.

Rencananya pada tahun 2020, saat Tokyo akan menggelar Olimpiade, Tokyo Big Sight akan dijadikan pusat pers dan siaran internasional.

Koike menyatakan bahwa Natsucomi – Comiket pada musim panas – rencananya akan digelar di hall Barat pada tanggal 1 hingga 5 Mei 2020, bersamaan dengan Golden Week di Jepang. Selama ini Comiket musim panas biasanya digelar pada pertengahan Agustus.

Awalnya pemerintah Tokyo berencana untuk melarang penggunaan Tokyo Big Sight untuk acara umum dari bulan April 2019 hingga Oktober 2020. Karenanya, Comiket mungkin tidak akan digelar di Tokyo Big Sight sebanyak tiga kali. Selain Comiket, ada sekitar 300 acara lainnya yang menggunakan acara ini setiap tahunnya.

Namun, pemerintah Tokyo masih melanjutkan rencana untuk menyediakan area pameran sementara untuk acara di area yang terletak di dekat jalur Rinkai, stasiun Tokyo Teleport, yang berlokasi di daerah Obaiba, sama halnya dengan Tokyo Big Sight.


Gubernur Tokyo, Yuriko Koike

Koike menjelaskan rencana tersebut masih berlanjut, tempat sementara tersebut akan tersedia dan dapat digunakan selam 35 hari sepanjang tahun 2020, dan akan terus beroperasi hingga November 2020. Area sementara ini akan memiliki luas 24.000 meter persegi, dan akan rampung dibuat pada April 2019.

Pemerintah tengah memulai konstruksi untuk renovasi dan pembangunan ruangan baru di Tokyo Big Sight pada musim panas 2016 dalam rangka mempersiapkan Olimpiade 2020, hal inilah yang menyebabkan pada Comiket musim panas 2016 area industri hanya buka selama dua hari.

Ruangan baru ini akan dibuka pada bulan Juli 2019, namun akan ditutup untuk alasan keamanan, dari April hingga Oktober 2020.

Pihak Comiket sendiri sedang mempertimbangkan untuk memindahkan acara in ke Osaka atau Nagoya.

Sumber: ANN