Selamat Tinggal Kemono Friends

Otaku di saentaro dunia dihebohkan oleh pengumuman mendadak bahwa Tatsuki telah didepak dari Kadokawa, dia tidak akan menangani proyek anime baru untuk serial Kemono Friends. Tidak lama setelahnya, situs resmi serial anime ini mengumumkan bahwa studio Yaoyorozu juga dikabarkan “mengundurkan diri” dari proyek ini.

Padahal bagi mereka yang mengikuti serial anime Kemono Friends dan membaca berita tentangnya secara aktif pasti menyadari bahwa serial ini tidak akan populer seperti sekarang kalau tanpa keduanya.

Proyek Gagal Yang Bangkit Berkat Usaha Keras Kreator

Kemono Friends pada awalnya memang direncanakan sebagai sebuah multimedia project, yang melibatkan banyak perusahaan mulai dari Kadokawa, Nexon, hingga Bushiroad. Sayangnya proyek ini tidak berjalan mulus, bahkan gamenya tutup sebelum animenya tayang.

Hal ini membuat konsorsium produksi Kemono Friends pesimis akan masa depannya, dan hal ini diduga sebagian besar netizen menjadi alasan dibalik penyebab mereka memberikan kebebasan bagi Studio Yaoyorozu dalam produksi anime Kemono Friends.

Yaoyorozu bukanlah studio besar seperti Kyoto Animation atau Ufotable, studio ini cuma memiliki 10 staf dan kantornya berada di sebuah apartemen kecil. Namun, berkat usaha keras dari Studio Yaoyorozu dan Tatsuki, mereka berhsil mengubah budget rendah yang mereka terima hingga menjadi sebuah anime sleeper hit di tahun 2017.


Apartemen tempat lahirnya anime Kemono Friends. Sumber: Google Street View

Kemono Friends menjadi sebuah anime yang “sugoi!” dan “tannoshi!”. Lantaran berhasil menyajikan cerita ringan yang menyenangkan. Serial ini secara sederhana berhasil melahirkan rasa optimisme dan ajakan untuk bersenang-senang.

Amarah Kadokawa Yang Tidak Rela Sapi Perahnya Direbut


Booth Kadokawa di Anime Japan, sumber: MangaUK

Kesuksesan animenya mendorong proyek multimedia Kemono Friends bangkit lagi. Serial ini mendapatkan adaptasi pentas panggung, membuat seekor penguin menjadi otaku, gamenya akan dibuat kembali, bahkan serial anime ini akan mendapatkan sebuah proyek anime baru.

Kabar mengejutkan ini disambut gembira oleh para penggemar. Banyak yang tidak percaya bahwa anime ini akan mendapatkan kelanjutan, bahkan seiyuu serial ini pun terkejut.

Sayangnya kegemberiaan tersebut sirna berkat pengumuman bahwa Tatsuki dikeluarkan dari proyek anime ini, setelah keputusan sepihak dari Kadokawa. Tidak lama berselang, situs resmi anime ini juga mengumumkan bahwa Studio Yaoyorozu “mengundurkan diri”.

Pengunduran diri ini katanya disebabkan adanya masalah komunikasi, dimana Yaoyorozu membuat sebuah ‘karya’ tanpa menkomunikasikannya terlebih dahulu. Untuk mencegah kesalahpahaman serupa terjadi di masa depan, diajukanlah sebuah kesepakatan baru, Yaoyorozu tidak dapat menerimanya, menolak kemudian mengundurkan diri.

Banyak yang yakin bahwa ‘karya’ yang dimaksud adalah Episode 12.1 yang dirilis oleh Tatsuki di internet secara gratis, yang kemungkinan besar dibuat dan disebarkan tanpa seizin pihak konsorsium Kemono Friends. Sebagai perusahaan yang mencari keuntungan sebesar-besarnya Kadokawa tampaknya marah karena seharusnya episode tersebut dapat menjadi sebuah OVA yang dapat dijual terpisah ataupun sebagai bonus dalam Blu-ray maupun DVDnya.

Kadokawa dan beberapa pihak lainnya tampaknya ingin mencegah hal serupa terjadi di masa depan dengan mengikat Yaoyorozu dan Tatsuki. Kemungkinan besar kedua pihak tidak menemui titik temu, hingga akhirnya Yaoyorozu dan Tatsuki didepak begitu saja. Kemono Friends bukanlah milik satu orang saja,” tulis pernyataan resmi dalam situsnya.

Menanggapi hal ini, Nobuo Kawakami selaku direktur Kadokawa Dwango, perusahaan induk Kadokawa, hanya bisa mengucapkan bahwa dirinya “prihatin”.

Bye bye, Friends

Meskipun Kawakami mengungkapkan bahwa saat ini masalah Kemono Friends tengah dibahas pihak Kadokawa maupun Dwango, ucapan ini bisa saja hanya sekedar komunikasi publik yang dikeluarkan guna menenangkan penggemar Kemono Friends. Seperti yang terjadi diantara Kojima dan Konami, kecil kemungkinan berharap Yaoyorozu dan Tatsuki dapat bekerja sama lagi dengan Kadokawa dan perusahaan lainnya dalam memproduksi Kemono Friends.

Proyek anime baru Kemono Friends memang belum dibatalkan, situs resminya hanya menjelaskan bahwa proyek ini akan ditunda dan meminta penggemar serial ini untuk menunggu pengumuman selanjutnya. Namun saya yakin bahwa sebagian besar penggemar serial anime ini sadar bahwa sekalipun proyek anime baru ini terwujud nantinya, tanpa Tatsuki dan Studio Yaoyorozu tidak akan ada lagi “Tanoshi!”

Header: 傘list