Kadokawa: “Studio Anime Yaoyorozu Mundur Karena Masalah Komunikasi”

Situs resmi anime Kemono Friends menuliskan sebuah catatan mengenai “proyek anime baru” untuk Kemono Friends pada hari Rabu, setelah sutradara Tatsuki mengumumkan bahwa dirinya tidak lagi dilibatkan dalam produksi anime serial ini:

Terkait Kemono Friends, kami telah diberikan kesempatan untuk mengumumkan proyek anime baru, namun semenjak itu, kami tengah mempertimbangkan untuk menggunakan sistem produksi yang sama atau menerapkan sistem baru untuk adaptasi baru. Saat ini, belum ada yang ditentukan. Karenanya, kami memprioritaskan untuk menggunakan sistem produksi yang sama dengan yang digunakan pada serial TV anime yang tayang dari bulan Januari hingga Maret tahun ini, dengan penyesuaian agar dapat memenuhi ekspektasi penonton. Namun, kami menerima informasi bahwa studio animasi Yaoyorozu berniat untuk mengundurkan diri pada akhir gustus, jadi saat ini kami harus mulai membuat sistem produksi dari awal lagi.

Kemono Friends mengusung filosofi mengedepankan hewan, dan lewat masukan dari banyak orang terlahirlah game, manga, anime, dan pentas panggung. Kesempatan terbuka leba, dan dengan bantuan orang-orang yang percaya dengan filosofi ini kami ingin menyebarkan Kemono Friends ke seluruh dunia. Karenanya, ini bukanlah proyek yang dimiliki satu orang saja, dan demi para hewan-hewan maka Kemono Friends memulai aktivitasnya kembali.

Namun, ada karya dari Yaoyorozu, studio yang menangani produksi, yang dibuat tanpa menghubungi atau membagi informasi sebagaimana mestinya. Agar proyek baru tetap dapat berlanjut, kami mengajukan untuk meluruskan kembali hal ini terlebih dahulu, namun Yaoyorozu tidak dapat menerima kondisi ini dan menolak.

Karena hal tersebut, proyek anime baru Kemono Friends akan ditunda, mulai saat ini kami akan berkolaborasi dengan semuanya untuk bekerja dalam proyek untuk melindungi karya ini dan penggemarnya, dan mengemban misi untuk mempelajari hewan-hewan. Kami akan memberikan informasi secepatnya tentang proyek ini.

Silahkan menikmati proyek anime Kemono Friens yang akan datang.

Tatsuki melaporkan pada hari Sabtu, bahwa berdasarkan informasi dari Kadokawa, bahwa dia tidak lagi bekerja di proyek Kemono Friends. Nobuo Kawakami, direktur Kadokawa Dwango yang merupakan perusahaan induk Kadokawa mengatakan bahwa dirinya “prihatin” mengenai kejadian ini dan saat ini tengah ada diskusi seputar hal ini di Kadokawa dan Dwango.

Sumber: ANN