Konsorsium Bank Jepang Luncurkan Mata Uang Digital

Bank-bank Jepang berencana untuk memperkenalkan mata uang baru yang dipersiapkan untuk Tokyo Olimpiade 2020 sebagai respon terhadap ancaman dari Alibaba, yang belum lama ini meluncurkan layanan pembayaran di Jepang.

Konsorsium bank, yang dipimpin oleh Mizuho Financial Group dan Japan Post Bank, telah memperoleh dukungan dari bank pusat Jepang dan regulator finansial untuk meluncurkan J Coin, mata uang digital yang dapat dipergunakan untuk melakukan transaksi jual beli dan mentransfer uang dengan menggunakan smartphone.

Mata uang digital J Coin akan memiliki nominal yang sama dengan mata uang Yen yang digunakan Jepang, metode transaksi bisa melalui aplikasi di smartphone ataupun QR Codes yang dipindai di toko.

Layanan ini akan tersedia secara gratis, nantinya bank-bank yang berpartisipasi akan diuntungkan dengan cara mengumpulkan data dari pola pembelanjaan pengguna.

“Kupikir uang elektronik lebih modern dari kartu (debit dan kredit), karena ketika Anda menggunakan kartu toko membayar biaya tertentu,” ujar Yasuhiro Sato, Direktur dari Mizuho Financial Grup kepada Financial Times.

Sumber: FT