Bisakah Orang Dengan Gaji 720 Juta Rupiah Hidup Nyaman di Tokyo?

6 Juta Yen atau sekitar 720 Juta Rupiah pastinya gaji yang terbilang besar, apalagi kalau dibandingkan dengan umr Indonesia yang ‘cuma’ 3 Juta-an per bulan. Namun, bisakah orang dengan gaji 720 juta Rupiah hidup nyaman di Tokyo?

Kalau menurut Misha Yurchenko yang kini tinggal di Tokyo, kamu bisa tinggal nyaman di Tokyo dengan gaji sebesar 6 Juta Yen per tahun, dengan catatan kamu tidak minim Mojito dan makan di daerah elit Omotesando setiap malam, apalagi kalau kamu masih belum menikah.

Setelah dipotong pajak penghasilan, asuransi dan uang pensiun, penghasilan bersih yang akan kamu terima adalah sekitar 4,67 Juta Yen. Tapi ingat, jika kamu telah tinggal lebih dari setahun di Jepang kamu harus membayar pajak tambahan yang besarnya tergantung tempat tinggal kamu, yang besarnya sekitar 5% dari gaji tahunanmu.

Tempat tinggal di Tokyo bisa dipastikan menjadi pengeluaran terbesarmu. Namun, dengan penghasilan yang kamu miliki kamu dapat mencari tempat tinggal yang berjaka 20 hingga 30 menit dari tempat tinggalmu. Biaya sewanya pun bervariasi mulai dari 120.000 Yen hingga 190.000 Yen.

Jadi setiap tahun kamu harus mengeluarkan setidaknya 1,4 juta Yen hingga 2,280 juta Yen atau hampir separuh dari penghasilan bersih yang kamu terima.

Jika memungkinkan, untuk mengurangi pajak yang harus kamu bayarkan kamu dapat meminta perusahaan untuk membayar sewa tempat tinggalmu secara langsung dan dikurangi dari gaji bulananmu. Langkah ini akan mengurangi pajak yang harus kamu bayarkan.

Apabila kamu masih belum menikah, sisa uang penghasilanmu dapat memenuhi kebutuhanmu sehari-hari dengan cukup mewah dan menabung dalam jumlah yang lumayan.

Hanya saja jika kamu sudah menikah apalagi mempunyai anak, kemungkinan besar kamu masih harus ketat dalam mengatur keuanganmu untuk kebutuhan sehari-hari.

Sumber: Quora