Jepang Akan Mempermudah Izin Tinggal Bagi Tenaga Kerja di Industri Anime

Pemerintah Jepang tengah membahas rencana untuk menyederhanakan syarat izin tinggal bagi siswa asing yang mempelajari anime, desain, dan kuliner guna mempermudah mereka mencari pekerjaan setelah lulus.

Diharapkan, proposal ini akan dapat mengurangi krisis sumber daya manusia yang kemungkinan besar akan dihadapi oleh industri konten Jepang di masa yang akan datang.

Pemerintah tengah menggodok proposal ini dan rencananya mereka akan membuat survei untuk industri dan bidang edukasi terkait pada akhir april 2018, dan berencana untuk meloloskan proposal ini paling cepat pada akhir tahun 2018.

Untuk bekerja di Jepang, seseorang harus memiliki izin tinggal terlebih dahulu. Siswa asing dapat memperolehnya apabila mereka memiliki pengetahuan dan teknik yang diperoleh dari sekolah atau universitas di Jepang.

Setelah lulus dari universitas atau sekolah kejuruan, siswa diberikan waktu enam bulan, dengan penambahan perpanjangan satu hingga dua tahun untuk mencari pekerjaan.

Industri anime memang tengah dilanda beberapa masalah, salah satunya adalah kekurangan sumber daya manusia, karenanya tidak mengherankan apabila Jepang membuka kesempatan bagi penduduk asing untuk mengisi kekurangan tersebut.

Namun meskipun izin tinggal dipermudah, tampaknya Jepang juga harus memperbaiki budaya kerja yang kurang baik, khususnya yang terjadi di industri anime.

Sumber: Japantimes