Produser Anime Macross Meninggal Dunia

Produser anime Macross yang bekerja di Bandai Visual, Minoru Takanashi dikabarkan telah meninggal dunia. Kabar duka tersebut disampaikan oleh koleganya, Nobutero Yuki yang merupakan seorang animator dan desainer karakter.

Takanashi telah bekerja mengembangkan konten di Bandai Visual selama hampir tiga dekade. Dia menangani hampir seluruh proyek Macross, termasuk Macros II, Macross Plus, Macross 7, Macross Zero, dan juga membuat proposal untuk film live action Macross yang gagal diproduksi.

Dia juga menangani anime populer lainnya seperti Mobile Suit Gundam 0080: War in the Pocket, Mobile Suit Gundam 0083: Stardust Memory, Gunbuster, Giant Robo, The Vision of Escaflowne baik serial TV maupun film, Cowboy Bebop: The Movie, Jin-Roh – The Wolf Brigade, Wolf’s Rain, dan Arjuna.

Menurut Yuki, Escaflowne tak akan pernah ada kalau bukan karena “tenaga perencanaan proyek” Takanashi. Belakangan ini Takanashi lah yang menangani anime Concrete Revolutio dan juga pengembangan produk untuk Space Battleship Yamato 2199.

Sebelum masuk ke industri anime, Takanashi dan sesama penggemar anime Masahiro Chiba merupakan bagian dari Macross Attack Team (M.A.T), sebuah grup yang membuat doujinshi Sky Angels yang punya pengaruh besar. Seperti kebanyakan pembuat doujinshi Gundam yang menjadi tim inti dari anime Macross pertama atau pembuat doujinshi film yang bergabung membentuk studio Gainax, Takanashi dan anggota M.A.T lainnya berhasil mengubah kecintaan mereka menjadi proyek anime resmi.

Sumber: ANN