Sutradara IBO Ungkap Beragam Fakta Akhir Cerita Iron Blooded Orphans

Tidak semua kekurangan yang ada pada cerita Gundam: Iron Blooded Orphans harus menjadi tanggung jawab Mari Okada, selaku penulis naskah serial tersebut. Keterlibatan sutradara, prosedur, dan masih banyak faktor lain turut berpengaruh terhadap jalannya cerita, terutama endingnya.

Lewat wawancara pada acara radio Tekketsu Radio, Tatsuyuki Nagai selaku sutradara IBO menjawab beberapa pertanyaan. Termasuk hari pertama dia mendapatkan skenario, asal muasal para karakter, dan juga beberapa informasi lain seperti nasib para karakter usai pertarungan antara Gjallarhorn dan Tekkadan.

Seperti sudah pernah dijelaskan di artikel sebelumnya, dimana proyek IBO sudah dimulai lebih dari separuh dekade lalu, Nagai mengakui bahwa naskah IBO sudah mulai dibuat semenjak 5 tahun lalu, bahkan sebelum Gundam AGE tayang. Bahkan akhir serial ini juga sudah ditentukan saat itu juga, meskipun ada beberapa penyesuaian seiring berjalannya proyek.

Mari Okada yang baru bergabung di proyek ini sekitar tahun 2014 sendiri sempat berkomentar apakah naskah ini akan baik-baik saja mengingat cukup banyak korban berjatuhan di dalam cerita.

Nagai juga menjelaskan inspirasi dari Tekkadan, yang teryata adalah kelompok Shinsengumi. Karakter Orga dan Mikazuki diambil dari tiga figur utama Shinsengumi: Kondou, Hijikata, dan Okita yang dibagi karakteristiknya menjadi dua. Sutradara ini juga mengatakan bahwa dia ingin membuat cerita dimana Tekkadan tidak akan pernah mencetak prestasi yang berarti.

Akhir cerita IBO mengambil tempat 5-6 tahun dari pertarungan terakhir serial ini.

Kalau kamu bertanya-tanya bagaimana kondisi Almiria, janda McGillis, di akhir cerita. Nagai mengatakan bahwa Almiria berada dalam kondisi yang tidak bisa diperlihatkan. Bahkan ada sumber lain yang mengatakan bahwa Almiria menjadi gila setelah mengetahui kalau Macky meninggal.

Fakta mengejutkan lainnya adalah ternyata sepeninggal Mikazuki, Kudelia dan Atra menjalin hubungan. Keduanya dikabarkan sudah menikah dan pernikahan sesama jenis itu normal di latar dunia IBO. Nama lengkap ‘anak mereka’? Akatsuki Augus Mixta Bernstein.

Di akhir cerita diperlihatkan Gaeilo yang lumpuh. Hal ini disebabkan karena Gaelio melepaskan plug Alaya-Vijyana di lehernya, karena dia berjanji untuk tidak berperang lagi. Selama season 2 Gaileo bisa tetap berjalan berkat sistem tersebut, karena ternyata dia lumpuh semenjak diserang McGillis di akhir season pertama. Hal itulah yang menyebabkan Gaelio diperlihatkan menggunakan kursi roda di episode terakhir.

Trivia lain yang terungkap adalah otak Ein terbakar di season 1, namun kesadarannya tersimpan dalam sistem Alaya-Vijyana. Antena Gundam Barbatos ternyata sengaja dibuat menyerupai bulan sabit mengikuti nama tokoh utama, Mikazuki.

Sumber: Yaraon!, Otakomu