6 Adaptasi Anime Yang Lebih Keren dari Manganya

Umumnya adaptasi anime dari manga pasti gak lepas dari kritik bahwa manganya lebih bagus dari animenya. Gak jarang cerita sebuah manga dipotong atau sedikit dirubah ketika mendapatkan adaptasi anime, satu atau dua karakter dihilangkan, dan jarang banget anime yang tamatnya mengikuti cerita manganya.

Tapi ada beberapa judul anime yang berhasil melampaui manga aslinya, mempertahankan cerita, bahkan jadi keren berkat kualitasnya.

1. Gintama

Manga Gintama bagus, tapi animenya jauh lebih luar biasa. Para seiyuu berhasil menghidupkan karakter, dan penempatan leluconnya sangat sempurna, lagu-lagunya keren, dan adegan aksinya adalah salah satu yang terbaik di anime, khususnya adegan Gintoki melawan Takasugi.

2. Lupin III

Pastinya banyak yang lupa bahwa Lupin III merupakan hasil adaptasi manga. Wajar, mengingat manga terakhir Lupin terbit tahun 1981. Semenjak itu, adaptasi animenya telah menghadirkan beragam cerita orisinil, mulai dari drama hingga komedi dan memperluas sifat dari karakter seperti Fujiko dan Goemon.

3. K-On!

Salah satu anime yang memulai tren moeblob. Manga komedi ini berhasil dikembangkan oleh KyoAni menjadi sesuatu yang lebih segar, menghadirkan gaya gambar yang lebih imut dan juga menonjolkan sifat dari masing-masing karakter. Faktanya, meskipun beberapa lelucon inti masih ada, anime K-On! menghadirkan pengalaman yang berbeda dengan manganya.

4. Initial D

Di versi animenya, adegan balapan di Initial D terasa lebih hidup salah satunya berkat musik Europop yang mengiringi setiap balapan. Manganya keren dan membahas sisi teknis mobil secara lebih lengkap. Namun, animenya menghadirkan adegan balapan yang lebih menarik dan juga suara mesin yang keren.

5. Hidamari Sketch

Manga empat panel Hidamari Sketch menarik, tapi Shaft berhasil membuatnya lebih cantik lagi. Hidamari Sketch yang turut ditangani oleh Akiyuki Shinbo ini menghadirkan gaya seni unik khas Shinbo di serial yang memang membahas klub seni ini.

6. Kuroko no Basket

Kuroko no Basket adalah salah satu serial anime olahraga yang mengadaptasi manganya secara lengkap. Gaya gambar Tadatoshi Fujimaki tetap ada, namun menghadirkan adegan animasi pertandingan basket dalam anime memberikan keunggulant ersendiri.

Menurutmu anime mana lagi yang lebih keren dari manganya?

Sumber: Goboiano