Kadokawa Minta Maaf Atas Kesalahan Komunikasi Dalam Adaptasi Anime ‘Boogiepop wa Warawanai’

Pada Maret 2018, ilustrator light novel “Boogiepop wa Warawanai” Kouji Ogata mencuitkan ketidakpuasannya atas desain adaptasi anime serial ini. Menanggapinya, Kadokawa mengeluarkan pernyataan resmi lewat situs serial ini pada hari Senin.

Kadokawa mengonfirmasi bahwa Madhouse memproduksi anime ini sesuai arahan Kadokawa. Merespon komentar Ogata, Kadokawa langsung melakukan investigasi menyeluruh pada akhir Marat. Akibat kesalahan komunikasi di dalam internal Kadokawa, hanya sebagian materi anime yang diberikan kepada Ogata untuk diberikan persetujuan.

Kadokawa dan Ogata kemudian membahas kesalahpahaman ini pada pertengahan April, dan menjelaskan kepada Ogata tentang situasinya. Kesalahpahaman ini berhasil diluruskan dan Ogata memberikan persetujuan untuk melanjutkan proses produksi. Kadokawa mengatakan bahwa mereka tengah melakukan peninjauan untuk mencegah kesalahpahaman serupa kembali terjadi

Kadokawa menegaskan kembali bahwa baik sutradara Shingo Natsume, desainer karakter Hidehiko Sawada, maupun Madhouse tidak pernah membuat keputusan sepihak terkait proses adaptasi Boogiepop wa Warawanai. Perusahaan memastikan rumor mengenai sutradara mengundurkan diri dari proyek ini adalah tidak benar.

Mereka mengakhiri pernyataan ini dengan “permohonan maaf mendalam” kepada Madhouse, staf produksi anime, dan Ogata akibat kesalahan komunikasi ini.

Ogata sendiri mengeluarkan komentar dalam pernyataan Kadokawa. Dia meminta maaf atas cuitannya yang berisikan komentar yang dapat “mengundang kesalahpahaman diantara staf.” Ogata mengatakan dia bertemu dengan departemen editor dan animasi pada April, dan mereka mengakui bahwa ilustrasinya digunakan tanpa review dan aprovalnya.

Dia mengatakan bahwa permasalahan ini sudah usai. Ogata “akan mendukung proyek ini sebagai ilustrator asli,” dan berterimakasih kepada semua orang atas dukungannya.

Sumber: ANN