Shiori Kutsuna, Artis Cantik Asal Jepang Yang Memerankan Yukio di ‘Deadpool 2’

Buat kalian yang sudah menyaksikan film Deadpool 2 yang baru saja tayang di bioskop-bioskop Indonesia pada 15 Mei ini pastinya sudah melihat karakter Yukio yang diperankan oleh Shiori Kutsuna yang juga biasa ditulis sebagai Shioli Kutsuna.

Artis cantik berusia 25 tahun ini memang hanya jadi karakter figuran, tapi saya cukup yakin, lumayan banyak yang kepincut dengan kehadirannya dan harus menahan hasrat untuk melambaikan tangan sambil berkata “Hei, Yukio” di tengah-tengah penayangan film.


Kalau ternyata saya salah, ya sudahlah, saya lambai-lambai bareng Wade saja.

Untuk kamu yang sudah sering menonton drama atau film Jepang mungkin sudah gak asing lagi dengan artis yang juga pernah tampil memerankan karakter Ran Mouri di drama Detective Conan. Namun, untuk kamu yang masih buta sama sekali soal Kutsuna dan ingin kenal lebih dekat, yuk disimak.

Dara kelahiran 22 Desember 1992 ini memiliki darah campuran Jepang dan Australia, dan dia tinggal di Australia hingga umur 14 tahun sebelum pindah ke Jepang untuk berkarir sebagai artis. Karenanya gak heran kalau Kutsuna lancar berbicara dalam bahasa Inggris maupun Jepang.

Pada tahun 2006, Kutsuna berhasil meraih penghargaan dari Juri pada kontes All-Japan National Young Beauty. Setelahnya, dia memulai debutnya di serial drama sebagai Kanai Akiko di 3 nen B gumi Kinpachi Sensei 8 dan juga tampil sebagai bintang iklan di berbagai perusahaan Jepang terkemuka, seperti NTT, Takaratomy, hingga Pocky.

Tiga tahun setelahnya, wanita kelahiran Sydney ini dipercaya untuk menjadi pemeran utama di serial 7 Mannin Tantei Nitobe (70.000 People Detective Nitobe), pada serial ini dia memerankan Tsugumi Nitobe, siswa biasa yang memiliki 70.000 teman di internet dan memecahkan kasus sulit dengan menggunakan otak mereka.

Setelahnya, dia mulai aktif tampil sebagai pemeran pendukung maupun pemeran utama di berbagai judul serial drama TV maupun film layar lebar. Salah satunya adalah serial drama live-action spesial yang diadaptasi dari manga Detective Conan, disini Kutsuna menggantikan peran Tomoka Kurokawa sebagai Ran Mori.

Karirnya terus melaju hingga akhirnya pada tahun 2012, Kutsuna mendapatkan penghargaan sebagai Artis Pendatang Baru Terbaik di tahun 2011 oleh majalah film Kinema Junpo. Pada tahun yang sama dia juga meraih penghargaan Japan Wedding Best Dresser Award dan Clarino Beautiful Legs Award.

Sayangnya, dia memutuskan untuk berhenti kuliah karena jadwalnya sebagai artis begitu padat. “Sangatlah sulit baginya untuk bekerja sembari sekolah. Dia kesulitan hadir di kelas karena pekerjaannya di serial drama. Dia menerima hal ini dan memutuskan untuk berhenti. Dia akan fokus terhadap karirnya sebagai artis.”

Kutsuna juga memulai karirnya seiyuu pada tahun 2016, dimana dia memerankan karakter Lunafreya Nox Fleuret pada film layar lebar Kingsglaive: Final Fantasy XV.

Setelahnya pada tahun 2018, dia memulai debut internasional pada film The Outsider, dalam film yang dirilis oleh layanan streaming Netflix di Maret 2018 ini Kutsuna memerankan karakter Miyu. Di tahun ini, Shiori juga menjadi satu-satunya wajah asia yang tampil pada film Deadpool 2.

Shiori Kutsuna bisa jadi akan kembali tampil di sekuel film Deadpool maupun yang berkaitan, karena aktor Ryan Reynold dan sutradara Deadpool 2 sudah mulai membahas kelanjutan film ini, baik sekuel langsung maupun membuat film tentang tim X-force.


X-force Forever!