Jangan Coba-coba Mematahkan Ranting Pohon Sakura di Jepang, Ini Konsekuensinya

Meskipun terlihat sepele, ternyata memotong atau mematahkan ranting pohon sakura dapat memberi dampak negatif yang serius.

Jika tidak ditangani dengan baik, ranting yang telah patah ini nantinya akan membusuk dan dapat menjalar hingga ke batang pohon. Ranting yang patah ini juga dapat menarik serangga untuk menggerogoti pohon sakura. Karena itulah dibutuhkan ketelatenan dan alat khusus saat memangkas ranting pohon sakura.

Karenanya gak heran bagi orang yang mengetahui hal ini dapat terkejut ketika melihat orang yang secara sengaja mematahkan ranting bunga sakura, seperti yang diungkapkan oleh netizen asal Jepang ini.

“Seperti kata pepatah Jepang ‘Orang idiot memotong ranting sakura dan tidak memotong ranting plum,’ memotong ranting sakura dapat menyebabkan pembusukan batang pohon. Ketika aku mengunjungi taman hari ini, aku melihat dua perempuan mematahkan ranting sakura untuk membuat mahkota bunga. Aku mencari tahu dan sepertinya hal ini tren di instagra. Tampaknya pohon sakura Jepang akan segera dihancurkan oleh pengguna instagram dan kumbang merah.”

Sebagai buktinya, Gomachan melanjutkan cuitannya dengan cuitan lainnya yang memperlihatkan foto seorang instagram yang mematahkan ranting bunga sakura untuk membuat mahkota.

Memang sih dekorasi ini terlihat manis saat difoto, tapi tentunya tidak baik bagi pohon bunga sakura. Karenanya jika kamu sedang di Jepang saat ini, tunjukkan cintamu kepada pohon sakura dengan tidak melakukannya agar kedepannya kita dapat terus melihat bunga sakura mekar.

Sumber: Grapee