Meksiko Ingin Gelar Nobar Dragon Ball Super 130, Ini Tanggapan Toei Animation

Popularitas Dragon Ball memang sudah mendunia, bahkan di negara Meksiko. Saking populernya serial besutan Akira Toriyama ini di negara itu, pemerintah negaranya ingin menggelar acara Nonton Bareng atau Nobar Dragon Ball Super 130.

Acara yang bahkan didukung oleh pemerintah setempat ini akan menayangkan Dragon Ball Super 130 secara cuma-cuma di beragam tempat publik di berbagai kota di seluruh Meksiko pada tanggal 17 Maret.

Katanya pemerintah juga akan menyediakan makanan, DJ, bahkan layar raksasa dengan sistem suara untuk menonton episode itu bersama dengan ribuat penggemar Dragon Ball. Sebuah acara bahkan sudah mencatat 12.000 minat calon pengunjung.

Sayangnya, beberapa acara digelar tanpa koordinasi terlebih dahulu dengan pihak Toei Animation selaku pemegang lisensi. Lewat akun Twitternya mereka tidak memberikan izin untuk penayangan publik ini dan tidak mendukung ataupun mensponsori kegiatan ini.

Pengumuman yang disampaikan juga dalam dua bahasa ini menegaskan bahwa mereka ingin penggemar Dragon Ball untuk menonton serial ini lewat kanal resmi dan tidak mendukung pembajakan.

Pengumuman Resmi.

Kepada penonton dan penggemar Dragon Ball.

Kami telah mengetahui mengenai rencana untuk menayangkan episode 130 dari seri Dragon Ball Super di stadion, plaza, dan tempat publik di Amerika Latin.

Toei Animation tidak memberi izin untuk penayangan publik ini dan tidak mendukung maupun mensponsori kegiatan ini maupun menyetujui institusi manapun menayangkan episode ini tanpa izin.

Dalam upaya mendukung hak cipta, melindungi ribuan orang dan banyak pekerja, kami memohon Anda menikmati judul-judul kami di layanan resmi dan siaran dan tidak mendukung penayangan ilegal yang mendorong pembajakan.

Dengan Hormat,

Toei Animation Inc.

Himbauan ini mendapatkan beragam reaksi, beberapa bahkan ada yang mengatakan bahwa langkah yang diambil Toei ini salah lantaran dianggap tidak mendukung pasar dengan konsumen yang sudah loyal terhadap seri Dragon Ball.

Namun, ada juga yang mengatakan bahwa Crunchyroll selaku pemegang lisensi seri Dragon Ball Super di kawasan Amerika Latin tengah mengupayakan agar acara-acara ini dapat berlangsung secara resmi.