5 Anime Jadul Yang Boleh Dibilang Bertema Isekai

Suka atau gak suka, tema isekai memang tengah booming dalam beberapa tahun belakangan. Salah satunya berkat light novel yang seringkali mengangkat tema satu ini, bahkan saking seringnya sampai-sampai ada kompetisi yang melarang tema satu ini.

Namun, tema isekai bukanlah hal yang baru, sebelum seri seperti Re:Zero atau Log Horizon populer, atau bahkan .Hack, sebenarnya cukup banyak anime jadul yang mengangkat tema ini. Hanya saja mungkin saat itu belum disebut sebagai genre isekai.

Nah, dari sekian banyak anime jadul, menurut VVibu.com 5 anime jadul ini boleh dibilang mengangkat tema isekai.

1. Magic Knight Rayearth

Anime yang diadaptasi dari serial manga besutan Clamp ini menceritakan tentang tiga siswi SMP Hikaru Shidou, Umi Ryuuzaki, dan Fuu Hououji yang terdampar di dunia lain, Cephiro. Agar ketiganya bisa kembali lagi ke dunia asalnya mereka harus menyelesaikan tugas yang diberikan kepada mereka, menyelamatkan Putri Emerald.

Manga yang memiliki 6 jilid dan terbit dari November 1993 hingga April 1996 ini diadaptasi menjadi serial TV anime dan juga OVA sepanjang 3 episode.

2. Escaflowne

Anime yang cerita aslinya ceritanya ditangani oleh Shoji Kawamori, bapak seri Macross ini menceritakan tentang Hitomi yang terlempar dari bumi ke planet Gaea. Di Gaea, dia terjebak di tengah-tengah peperangan, dimana Kerajaan Zaibach berusaha mengambil alih Gaea.

Van, raja dari Fanelia, dengan bantuan dari Allen seorang kesatria Asturian, mengendalikan mecha bernama Escaflowne dalam upaya menghentikan kerajaan Zaibach.

Hitomi mendapatkan kekuatan untuk meramal masa depan di Gaea ketika dirinya menjadi kunci untuk membangkitkan Escaflowne dan menghentikan rencana Zaibach.

3. Inuyasha

Serial anime yang diadaptasi dari manga karangan Rumiko Takahashi yang pertama kali terbit pada tahun 1996 ini menceritakan gadis SMU bernama Kagome, yang terseret ke dunia zaman Sengoku setelah terjatuh di sumur di rumah keluarganya.

Disana dia bertemu dengan sosok manusia separuh iblis anjing bernama Inuyasha. Ketika seekor monster berusaha merebut Shikon no Tama yang berada di dalam badan Kagome, secara tak sengaja dia memecahkan permata itu ke berbagai pelosok. Kini dia dan Inuyasha harus berpetualang untuk mencari pecahan tersebut sebelum iblis bernama Naraku mengumpulkan semuanya.

4. Digimon

Digimon atau Digital Monster merupakan serial multimedia yang digarap oleh Akiyoshi Hongo. Anime pertamanya yang berjudul Digimon Adventure menceritakan tentang sosok anak-anak terpilih yang terlempar ke dunia digital.

Bersama rekan Digimon mereka, anak-anak ini harus menyelamatkan dunia digital, dan juga mencegah kehancuran dunia asli mereka.

5. Doraemon

Meskipun serial anime aslinya sendiri memang mengisahkan tentang robot kucing bernama Doraemon yang dikirim dari masa depan untuk membantu Nobita menjadi insan manusia yang lebih baik.

Namun, seri petualangan Doraemon seringkali melibatkan aksi Doraemon, Nobita dan kawan-kawannya terlempar ke dunia lain. Mulai dari luar angkasa, dunia sihir, hingga robot.