Hidup di Jepang Nyaman, Tapi Jangan Coba-coba Kerja di Sini

Dale Thomas adalah pria asal Inggris yang telah tinggal lebih dari 10 tahun di Jepang. Lewat situs tanya jawab Quora dia membagi pandangannya tentang tinggal di Jepang.

Bagi Thomas, Jepang adalah tempat yang nyaman untuk ditinggali, namun tempat yang mengerikan untuk bekerja.

Budaya kerja di Jepang sangatlah mengerikan, banyak orang dipaksa oleh bos dan rekan mereka untuk bekerja sampai hampir mati. Namun berdasarkan pengalaman Dale, dia melihat banyak cara digunakan oleh orang Jepang untuk terlihat seperti sedang kerja.

Dia sering melihat orang Jepang tinggal di kantor lebih lama, bukannya mencari cara untuk bekerja lebih baik atau pintar. Akibatnya banyak orang yang malah tidur siang di kantor (yang anehnya dipandang baik), terlihat sibuk, dan kekurangan waktu untuk bersosialisasi dan menghabiskan wakutu dengan keluarganya.

Orang-orang Jepang tidaklah lebih produktif dari penduduk negara lain, meskipun mereka memiliki reputasi sebagai seorang pekerja keras.

Gak cuma itu, orang asing tidak akan pernah benar-benar bisa diterima dalam sebuah masyarakat. Masih banyak kasus rasisme di Jepang. Meskipun kebanyakan penduduk asli akan ramah dan membantu ekspatriat, namun mereka akan tetap memperlakukanmu sebagai ‘orang asing.’

Dale sendiri tidak mempermasalahkan hal tersebut. Dia merasa tidak akan pernah bisa dan ingin cocok dengan segala macam peraturan tersembunyi yang ada di masyarakat Jepang.

Meski demikian, dia tetap mengakui bahwa Jepang adalah tempat yang luar biasa, penuh daya magis, dan lebih aman serta bersih dibandingkan negara-negara lain.

Jepang juga kaya akan budaya dan sejarah yang bisa dilihat dari beragam situs historis yang ada di sini. Dale merasa beruntung bisa tinggal di Kyoto, tempat yang baginya pantas dinobatkan sebagai tempat paling indah di planet bumi.

Seperti negara lainnya, Jepang memiliki hal negatif dan juga positif. Dale memberi saran: Jika kamu suka Jepang karena suka game, anime atau cewek Jepang, jangan tinggal disini, karena semuanya tidak akan sesuai dengan harapanmu.

Namun jika kamu memang menyukai budaya Jepang dan tidak masalah selamanya menjadi orang asing, negara ini bisa saja memenuhi harapanmu. Tapi, Dale tetap menyarankan untuk tidak bekerja di Jepang. Lebih baik mencoba mencari penghasilan pasif atau membuka bisnis sendiri, atau jika memungkinkan, menikahlah dengan orang kaya di Jepang.

Sumber: Quora