Mungkinkah Kita Ketemu Yakuza Saat Pergi ke Jepang?

Di Jepang terdapat setidaknya 22 grup Yakuza, kebanyakan dari mereka berada di Fukuoka, Osaka, Kobe, dan Tokyo. Mereka umumnya berkumpul di daerah tertentu sebuah kota.

Dulu seseorang bisa mengenali anggota Yakuza lewat pakaiannya yang mencolok, seperti jas dengan warna mencolok dan sepatu bercorak. Namun kini semakin sulit untuk mengenali yakuza.

Karenanya bisa saja kamu bertemu dengan yakuza saat sedang jalan-jalan ke Jepang tanpa menyadarinya. Untungnya jika kamu tidak punya urusan dengan mereka, yakuza juga tidak peduli denganmu.

Namun, jika kamu memang penasaran dan ingin mencoba melihat yakuza dalam kehidupan sehari-hari, kamu bisa coba menghadiri festival yang diadakan di musim panas atau tahun baru.

Umumnya stand yang dibuka saat acara tersebut dikelola oleh Tekiya, semacam ‘anak perusahaan’ dari grup Yakuza daerah tersebut. Tekiya dikelola oleh anggota biasa atau para Yakuza yang telah pensiun dari garis depan.

Beberapa dari mereka juga sering mengangkut Mikoshi saat acara Sanya Matsuri tengah digelar, sembari memamerkan tato yang ada di tubuh mereka.

Umumnya mereka tampil bersahabat saat festival digelar. Namun sangat disarankan untuk tidak menanyakan kepada mereka apapun yang terkait yakuza.

Sumber: Quora