Butuh Modal Segini Untuk Gelar Pesta Pernikahan di Jepang

Berencana untuk menikah dalam waktu dekat? Mungkin kamu pernah berpikir untuk menggelar upacara pernikahan ala pasangan di luar negeri, yang biasanya hanya mengundang sedikit tamu.

Tentunya kamu akan dapat menekan biaya pernikahan. Tapi pernah gak sih kamu penasaran sebenarnya berapa biaya yang dibutuhkan untuk menggelar sebuah pesta pernikahan di Jepang?

Menurut survei yang diadakan pada tahun 2013 oleh Recruit, rata-rata biaya pernikahan di Jepang adalah 3,4 Juta Yen atau sekitar 417 juta Rupiah, dengan rata-rata tamu yang diundang sebanyak 73 orang.

Dengan biaya segitu, jika kamu menggelar pesta pernikahan di Indonesia bisa dipastikan kamu akan dapat mengundang lebih banyak tamu. Atau sebaliknya, jika hanya mengundang 73 orang tamu bisa dipastikan biaya yang kamu keluarkan akan jauh lebih sedikit.

Namun, tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, di Jepang juga ada budaya untuk memberi hadiah uang kepada mempelai. Masih dari survei yang sama, jumlah yang biasa diterima dari hadiah tersebut bisa mencapai 2,26 juta Yen atau sekitar 277 juta Rupiah.

Jadi, keluarga dan mempelai bisa diperkirakan akan mengeluarkan uang sendiri sekitar 1,27 juta Yen atau sekitar 155 juta Rupiah.

Sumber: Recruit