Sadis, Mangaka ‘Saiki Kusuo no Psi-nan’ Tidak Mendapatkan Bayaran Sepeserpun dari Anime

Lewat cuitannya di Twitter mangaka Saiki Kusuo no Psi-nan, Shuichi Aso mengungkapkan bahwa sebagai seorang kreator sebuah seri yang telah diadaptasi menjadi anime, film live acton, game, novel dan beragam pernak-pernik, dia tidak ada keuntungan sedikitpun yang diperolehnya dari media tersebut.

Dalam cuitannya pada hari Jumat yang kini telah dihapus, Aso mengatakan bahwa dirinya sering mendapat pertanyaan seputar keuntungan yang diperolehnya setelah manganya diadaptasi menjadi anime.

Dia menjelaskan bahwa meskipun animenya membantu penjualan manga, dia tidak menerima sepeserpun royalti dari penjualan anime, game, maupun pernak-pernik lainnya.

Tapi, dalam cuitan terpisah yang juga telah dihapus dia mengucapkan terimakasih bahwa karyanya telah diadaptasi menjadi anime.

Seorang netizen menyarankan agar Aso mengajukan permintaan kompensasi. Namun, Aso mengatakan bahwa hal tersebut dapat membuat dirinya sebagai kreator tukang cari gara-gara dan akan ada orang yang mengomentari “Duh, ini orang ngomongin soal uang, uang terus…”

Ada seorang pengguna Twitter yang mengatakan bahwa selama ini dia pikir seorang mangaka akan menerima semacam bayaran ketika karyanya diadaptasi menjadi anime. Aso mengatakan bahwa dirinya sempat memikirkan hal serupa dan masih penasaran apakah dia akan merima pembayaran tersebut suatu hari nanti.

Sumber: ANN