Sebuah Pernyataan di Konferensi Pers Yakuza Kiwami 2 Dianggap Menghina Korea Selatan

Dalam acara konferensi pers Yakuza, aktor Susumu Terajima membuat pernyataan yang mungkin bakal membuat game Yakuza Kiwami 2 batal rilis di Korea Selatan.

Terajima sendiri terkenal sebagai aktor yang sering memerankan karakter Yakuza. Dalam acara tersebut, desainer game Yakuza Toshihiro Nagoshi meminta Terajima untuk mengucapkan kalimat penutup.

Terajima mengaakan “Hari ini, ada… beberapa orang dari Korea yang tampil di atas panggung, sungguh… Aku cuma berharap gak ada misil terbang dari Korea.”

Masalahnya, Terajima menggunakan kata “Chousenjin” yang berarti “orang Korea,” kata ini tidak membedakan antara Korea Selatan maupun Korea Utara. Apabila Terajima mengacu kepada orang Korea Selatan dia seharusnya menggunakan “Kankokujin” dimana “Kankoku” berarti Korea Selatan.

Tidak hanya itu, akhir pekan ini sekali lagi Korea Utara melakukan uji coba misil. Waktu yang sangat tidak tepat untuk mengeluarkan lelucon tentang misil.

Begitu Terajima mengucapkan kalimat tersebut, salah seorang aktor yang ada di atas panggung, Hakuryu, tertawa dan berkata, “Apa lu bilang?” Terlahir dengan nama Jun Jung-Il, Hakuryu merupakan generasi kedua yang berasal dari pernikahan orang Korea Selatan dan Jepang.

Selain itu, saat Terajima tengah mengucapkan pernyataannya, Nagoshi mengatakan, “Tungguuu… Berhen…”

Setelah Terajima selesai mengucapkan kalimat terakhirnya, penonton terdiam, tidak yakin harus bereaksi apa, karena seperti Hakuryu, beberapa aktor yang tampil di panggung dirumorkan memiliki darah Korea Selatan.

Pelawak Yuichi Kimura, yang juga tampil di Yakuza Kiwami 2, mengatakan kepada Terajima, “Bakal ada permohonan maaf kepada publik sehabis ini.”

Pernyataan Terajima tersebut berbuntut panjang dan ramai dibahas oleh netizen Korea Selatan, bahkan ada yang khawatir gamenya akan dibatalkan lantaran hal ini.

Meskipun tidak semua mengkritik pernyataan tersebut, namun tidak sedikit juga yang mengomentari dengan pedas, “Untuk orang-orang yang membela hal ini, aku kasih contoh: Di acara penayangan perdana The Howling (film Korea Selatan dengan aktor Jepang di dalamnya) Aktor Korea: Ada orang Jepang dalam film ini dan aku berharap bom nuklir gak meledak disini hehe”

Tidak lama setelahnya Sega Korea langsung mengeluarkan permohonan maaf, dan akan berusaha agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

Sumber: Kotaku