‘Senbatsu Election AKB48’ Kedapatan Menggunakan Dana Pemerintah Jepang

Dana pemerintah dengan total 28 juta Yen dialokasikan untuk acara Senbatsu Election AKB48 yang digelar di Pantai Chura Sun di Taman Toyosaki pada tanggal 18 Juni. Dari angka tersebut, 4 juta digunakan untuk membangun panggung untuk acara terkait yang digelar di kota Naha, jelas kantor Kabinet.

Uang tersebut berasal dari dana hibah pemerintah untuk Okinawa untuk tahun fiskal 2017 yang seharusnya digunakan untuk mempromosikan prefektur ini. Pemerintah Okinawa sendiri saat ini tengah meluruskan penggunaan dana tersebut, mereka beralasan acara tersebut berhasil menarik 8.000 turis ke prefektur ini di tengah musim yang biasanya sepi pengunjung.

Namun hal tersebut tidak membuat pemerintah berhenti mempertanyakannya. Menteri Luar Negeri Jepang Toro Kono, yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri yang berwernang di reformasi administrasi mempertanyakan efektifitas penggunannya dalam jangka panjang lewat artikel yang ia tulis di blognya, dia mengatakan bahwa tidak ada rencana bahwa acara tersebut akan digelar di Okinawa lebih dari sekali.

Pejabat pemerintah prefektur Okinawa juga percaya bahwa ada efek positif yang diperoleh dan acara tersebut berhasil menarik turis. Namun, dia juga menyuarakan kekhawatirannya apakah kedepannya acara serupa akan dapat digelar kembali.

Menurut Kono, kesuluruhan acara Senbatsu Election AKB48 di Okinawa menghabiskan dana hingga 140 juta Yen.